13 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berusia 23 Tahun

hal yang diperhatikan saat 23 tahun

PrimaDaily – Melewati usia kepala dua sebaiknya memperhatikan apa saja hal yang patut untuk diperhatikan, terlebih saat memasuki 23 tahun.

Ya, usia ini sudah dikategorikan sebagai usia dewasa yang sudah bisa memilih jalan terbaiknya sendiri. Pada usia 23 biasanya orang-orang baru saja menyelesaikan studi/kuliahnya. Namun ada juga yang memilih untuk menikah muda. Anda akan memulai pertarungan hidup yang sebenarnya. Dimana pengaruh IPTEK juga sangat keras membentuk karakter anda.

baca juga : Panduan Bagi Orang Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Tapi terkadang, kita masih saja terbawa zona nyaman saat duduk dibangku kuliah. Bermalas-malas, menganggap bahwa hidup adalah instant.

Jika masih demikian, perhatikan 13 hal di bawah ini.

1. Hidup ini soal bergerak atau tergantikan

Ada miliaran orang di dunia ini yang memiliki kemampuan masing-masing. Jika anda tidak memiliki karya yang bisa dibawa sebagai modal, anda akan tertinggal dibelakang. Yang berjuang maju akan berhasil menyaingi anda.

2. Mencoba dan berjuang

Kebanyakan orang menyuruh anda untuk terus mencoba dan bertahan dalam perjuangan. Tetapi justru banyak pula yang akan menertawakan anda saat terjatuh gagal. Untuk itu kuatlah menghadapi perjuangan.

3. Cinta itu harus sejalan dengan logika

Bukan waktunya lagi untuk bermain cinta atau hanya sekedar cinta monyet. Jika memang ingin memiliki cinta, ingat saja bahwa usia anda bukan lagi belasan. Anda nantinya harus bisa membawanya ke jenjang pernikahan.

4. Nama almamater

Nama almamater memang penting, tetapi lebih bagus jika anda mempunyai jaringan yang luas serta keahlian (skill). Bila tidak, anda akan kesulitan dalam mencari pekerjaan. Pikirkan baik-baik bahwa usia anda sudah cukup matang untuk berdiri sendiri.

5. Bersikap biasalah dalam berteman

Dalam hidup siklus yang paling lumrah adalah tidak pernah kenal – kenalan – akrab – dekat – menjauh – sungkan – dan akhirnya kembali kepada awal “seperti tidak saling kenal”. Biasalah berteman supaya jaringan anda kuat.

6. Punya TOEFL dan IELTS

Biasanya kunci kesuksesan memasuki ranah perusahaan bonafit dan terkenal adalah memiliki skor TOEFL minimal 550. Sedangkan skor IELTS minimal 6,5. Disamping kemampuan yang anda mumpuni saat masih kuliah.

7. Jangan pernah memaksa keadaan

Maksudnya di sini anda tidak akan bisa memaksa semua orang harus menyukai anda.

8. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Gunakan internet sesuai manfaatnya. Karena mengakses konten yang tidak berfaedah hanya akan membuang-buang waktu dan kapasitas anda.

9. Jalan-jalan bukan hobi

Seringkali ditemukan bahwa anak muda setiap bulan jalan-jalan karena baru saja gajian. Hal ini tentu tidak diperlukan sebab anda perlu merancang masa depan anda. Mulailah berhemat dan melakukan investasi.

10. Kenali orang secara langsung

Temui orangnya secara langsung dan jangan mudah terpengaruh oleh gosip murahan. Karena semua orang bisa berubah tergantung dimana dan bersama siapa ia berada.

11. Percaya diri

Sebenarnya hal yang paling utama untuk diperhatikan saat 23 tahun yaitu rasa kepercayaan diri. Percayalah pada diri anda sendiri. Lakukan semaksimal mungkin tanpa perlu mendengarkan usikan orang lain. Semakin anda bangga pada diri sendiri, maka anda akan semakin termotivasi untuk bergerak maju.

12. Ingat bahwa orang tua anda semakin tua

Jika anda sudah mendapati karir yang diinginkan saat sudah 23 tahun, pastikan untuk tidak melupakan orang tua. Rawat mereka sebagaimana anda dirawat mereka ketika kecil.

13. Keluar dari fase tidak memiliki tujuan hidup

Kaum rebahan sering kali berceloteh tentang ini. Padahal jika mereka mau berusaha pasti akan mendapatkan yang setimpal. Coba singkirkan dan keluar dari fase ini secepat mungkin. Sugestikan diri bahwa anda pasti memiliki jalan untuk sukses.