3 Langkah Mudah Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

mencegah kolesterol tinggi

PrimaDailyKolesterol tinggi memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan, untuk itu lakukan hal-hal yang bertujuan untuk mencegah kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal.

Kolesterol tinggi dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari hipertensi hingga penyakit jantung. Untuk itu rutinlah melakukan hal-hal berikut. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia yang dibiarkan dapat membuat pembuluh darah Anda menyempit dan mengeras (aterosklerosis).

Berikut 3 langkah mudah untuk mencegah Kolesterol Tinggi

1. Mengatur pola makan

Mulailah mengatur pola makan dengan mengurangi jumlah konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, yang banyak terkandung pada makanan cepat saji.

Baca juga : Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Pilihlah makanan yang rendah lemak atau mengandung lemak sehat, seperti ikan, dada ayam yang di rebus atau di panggang, susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak kolesterol di pembuluh darah. Berhentilah merokok untuk menurunkan risiko menumpuknya plak akibat kolesterol tinggi.

3. Berolahraga secara rutin

Olahraga secara rutin dapat membantu menurunkan kadar koleterol dalam tubuh. Berolahragalah setiap hari minimal 30 menit.

Tanda-tanda kolesterol tinggi terkadang tidak bisa dirasakan secara langsung. Maka jika Anda memiliki faktor risiko seperti kebiasaan atau pola makan yang tidak sehat, merokok, obesitas, atau telah mengalami keluhan-keluhan yang dipaparkan di atas, lakukanlah pemeriksaan kesehatan ke dokter secara berkala. Hal ini diperlukan untuk mengetahui kadar kolesterol dan mencegah timbulnya komplikasi akibat tingginya kadar kolesterol