4 Cara Praktis dalam Mencegah Jamur pada Tas dan Pakaian

4 Cara Praktis dalam Mencegah Jamur pada Tas dan Pakaian

PrimaDaily– Sering sekali jamur tumbuh di barang-barang yang kita sayangi. Lalu, bagaimana ya cara mencegah dan membersihakan jamur pada tas, sepatu, dan barang-barang yang kita simpan di dalam lemari?

Memang, jamur yang tumbuh itu dapat menyebabkan bahan alami pada pakaian mengalami kerusakan. Akibatnya, tas dan pakaian kita bisa berubah warna, menipis, dan rusak sehingga tak bisa dikenakan kembali.

Tentunya hal tersebut tidak kita inginkan. Berikut ini ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan membersihkan jamur pada tas, sepatu, dan pakaian.

Berikut 4 tips yang bisa Anda coba untuk mencegah jamur pada tas, sepatu dan pakaian. Yuk simak dan jangan lupa untuk dilakukan, ya!

1. Mengeluarkan barang-barang dari lemari

Lakukanlah secara rutin untuk mengeluarkan barang-barang dari lemari penyimpanan, sehingga dapat mencegah jamur itu tumbuh.

Dikutip dari SCMP, jamur mudah berkembang biak di tempat yang gelap dan lembap, seperti dalam kotak atau lemari. Oleh karena itu, rutinlah untuk mengeluarkan barang dari lemari agar barang-barang tersebut terpapar cahaya dan mendapatkan udara yang segar.

2. Sirkulasi udara

Barang-barang yang Anda simpan pastikan tempat tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda bisa gunakan sebuah dehumidifier atau alat yang bisa mengurangi kelembapan udara, sehingga dapat mencegah jamur di arena tempat penyimpanan.

3. Bersihkan jamur atau noda yang menempel

Untuk mencegah jamur, Anda bisa membersihkan noda dan kotoran yang terlihat menempel pada bagian tas atau pakaian.  Noda dan kotoran yang tidak dibersihkan itu merupakan sumber jambur. Jadi periksa setiap bagian tas, sepatu, dan pakaian Anda, dan bersihkan.

4. Susun barang dengan rapi

Apabila Anda memakai suatu barang dari tempat penyimpanan, jangan lupa untuk menyusun kembali barang-barang tersebut dengan rapi.

Tahukah Anda, apabila lemari penyimpanan semakin  penuh denga tas dan pakaian, maka akan semakin besar jamur untuk berembang biak.

Maka rawatlah barang-barang dengan selalu memperhatikan tempat penyimpanannya.