5 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan, Jarang Diketahui

manfaat buah durian bagi kesehatan

PrimaDaily – Beberapa orang banyak yang tidak menyukai buah durian, karena aromanya yang menyengat. Meskipun begitu buah durian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang mungkin jarang diketahui.

Buah durian sangat lembut di mulut, jika isi duriannya bagus maka rasa yang dihasilkan juga akan enak. Biasanya bagi para pecinta durian sudah tahu memilih durian yang enak hanya mencium aroma dari luar sajanya. Buah yang berduri ini jarang ditemukan diberbagai negara loh.

Berikut Manfaat buah durian bagi kesehatan :

Meningkatkan Energi

Durian merupakan sumber karbohidrat yang kaya, sangat membantu dalam mengisi kembali tingkat energi. Karbohidrat bermanfaat untuk menyediakan energi untuk olahraga dan kegiatan sehari-hari.

Kuatkan tulang

Buah durian kaya akan kalsium, kalium dan vitamin B yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang.

Mencegah penuaan

Vitamin C yang terkandung didalam buah durian adalah antioksidan kuat yang membantu menjaga stres oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat proses penuaan.

Melancarkan pencernaan

Buah durian dapat menjauhkan sembelit dan meningkatkan kekuatan pencernaan. Kehadiran thiamin dan niasin meningkatkan nafsu makan serta daya pencernaan.

Stabilkan gula darah

Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Semakin kecil angka indeks glikemik, semakin sedikit dampak makanan pada gula darah. Durian juga mengandung mangan untuk membantu dalam pengaturan dan pemeliharaan kadar gula darah.