5 Minuman ini, Rekomendasi Cara Terbaik Atasi Insomnia

5 Minuman ini, Rekomendasi Terbaik Cepat Atasi Insomnia

PrimaDaily– Jika Anda sering alami insomnia saat malam, maka lima minuman ini adalah cara terbaik untuk atasi insomnia yang menganggu tidur Anda di malam hari.

Gangguan ini membuat kondisi tidak fit untuk melakukan aktivitas esok hari. Selain itu membuat Anda mudah marah, dan membuat suasana hati yang tida stabil. Karena pada umumnya, seseorang butuh waktu sekitar 8 jam dalam sehari untuk membuat kondisi tubuh tetap fit.

Ada beberapa penyebab yang membuat insomnia, seperti stres, gaya hidup kurang sehat, atau ketergantungan pada obat-obatan yang mengandung kafein, nikotin, dan alkohol.

Buat kamu yang sering mengalami kondisi ini, ada cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk atasi insomnia, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa minuman yang bisa memancing rasa kantuk di malam hari.

1. Segelas Susu Hangat

Pada waktu 1 jam sebelum tidur, Anda bisa meminum satu gelas susu hangat. Minum susu hangat bisa membuat Anda jadi tidur cepat, karena susu mengandung properti amino acid L-tryptophan yang dapat membuat istirahat menjadi lebih berkualitas, serta merangsang otak memproduksi hormon serotonin dan melatonin.

2. Air Kelapa

Minum air kelapa setelah olahraga memang sangat bagus. Selain itu, air kelapa juga baik diminum ketiksa sebelum tidur. Air kelapa yang memiliki kandungan magnesium dan mineral dapat meredakan ketegangan otot dan membantu tubuh lebih rileks, sehingga mempercepat rasa kantuk.

3. Jus Ceri

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi dua ons jus ceri selama dua minggu akan membuat seseorang bisa tidur selama 90 menit lebih lama daripada minum jus sebelum tidur. Hal itu karena jus ceri mengandung antioksidan anthocyanin untuk menjaga tubuh dari kanker dan penyakit kardiovaskular. Jenis buah ceri lainnya juga mengandung melatonin tinggi yang dapat atasi insomnia.

4. Lemon Balm

Ketika mengkonsumsi minuman lemon balm dapat memberikan efek rileks dan juga memperbaiki mood ketika bnagun tidur. Mengkonsumi lemon balm bisa dikombinasikan dengan teh herbal dan valeruan yang dapat membuat seseorang akan tidur dengan nyenyak.

5. Teh Lavender dan Chamomile

Menurut Marie Ruggles, seorang ahli diet mengatakan bahwa teh herbal yang dikombinasi dengan bunga chamomile dan lavender dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak.

Chamomile sering digunakan sebagai obat penenang ringan, karena Chamomile mengandung efek flavonoid apigenin dan efek sedatif yang dapat menenangkan reseptor otak setelah melakukan aktivitas seharian.

Cara membuatnya ialah dua kantung teh chamomile diseduh di air hangat selama 8 menit. Kemudian, aduk teh tersebut dan tambahkan 1 atau 2 tetes minyak lavender murni. Setelah selesai dibuat, minumlah kombinasi teh tersebut sekitar 30-60 menit sebelum tidur.