7 Tips Praktis Bikin Curriculum Vitae yang Lebih Menarik

7 Tips Praktis Bikin Curriculum Vitae yang Lebih Menarik

PrimaDaily– Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu data yang penting bagi seorang yang melamar kerja. Curriculum vitae dibuat harus yang lebih menarik, agar HRD bisa tertarik dengan CV Anda.

Membuat Curriculum Vitae yang lebih menarik merupakan langkah awal untuk Anda bisa mendapatkan pekerjaan. Biasanya

Membuat sebuah CV yang menarik merupakan langkah awal untuk kamu bisa mendapat pekerjaan. Melalui tampilan yang menarik, bisa menjadi pertimbangan HRD lho, agar Anda bisa diterima kerja di perusahaannya.

Berikut ini ada 7 tips praktis membuat Curriculum Vitae agar terlihat lebih menarik:

1. Membuat CV dengan Website

Teknologi yang semakin berkembang saat ini, Anda bisa gunakan untuk membuat CV melalui website, seperi Canva, Resume.io, CV Maker atau Connect CV.

Website tersebut bisa Anda akses secara gratis dan mudah. Anda juga bisa memakai beragam template untuk membuat tampilan CV menjadi lebih menarik.

2. Tidak Berwarna-Warni

Buatlah CV yang tidak terlalu banyak warna. Maksimal pakai tiga warna, dan sesuaikan dengan perusahaan di mana Anda melamar kerja.

Apabila Anda membuat CV dengan warna yang terlalu mencolok, akan membuat CV yang dibuat terkesan tidak formal. Kecuali Anda melamar di perusahaan atau tempat yang membutuhkan desain yang kreatif.

3. Informasi Utama

Tulislah informasi yang utama tentang informasi pribadi Anda secara jujur, yang meliputi data diri, latar belakang pendidikan terakhir, kemampuan dan pengalaman yang diletakkan sesuai posisinya.

4. Perhatikan Format Penulisan

Gunakan bahasa yang baik dan benar. Jangan sampai ada kesalahan ketik atau penulisan yang membuat jadi bingung. Apabila CV ditulis dengan bahasa yang baik dan benar, dapat mudah dipahami isi CV tersebut.

5. CV yang Ringkas dan Jelas

Buatlah CV secara ringkas dan jelas, sehingga perekrut dapat mengetahui diri Anda dengan mudah. Namun, semua itu juga harus memperhatikan kerapian tulisan pada CV yang dibuat.

6. Prestasi yang Relevan

Mencantumkan prestasi juga sangat penting pada CV yang dibuat. Hal tersebut akan menjadi nilai tambah yang dilihat perekrut saat membaca CV anda.

7. Cantumkan Informasi Kontak Diri dengan Jelas

Hal penting untuk dicantum saat membuat CV adalah kontak diri yang dapat dihubungi saat melamar kerja. Kemudian, Anda juga bisa mencantumkan email resmi, seperti Alinatasya@gmail.com.

Usahakan jangan menggunakan alamat email yang tidak resmi, seperti alinatasyaquen-cute@gmail.com. Alamat email juga menjadi penilaian bagi perekrut.