Benarkah Bubble Tea Berbahaya Bagi Kesehatan?

bubble tea berbahaya bagi kesehatan

PrimaDaily – Benarkah bubble tea berbahaya bagi kesehatan? Pertanyaan ini kerap muncul saat hendak membeli minuman yang dicampur dengan bubble tea.

Tiongkok adalah negara yang pertama kali memperkenalkan bubble tea hingga akhirnya sampai ke Indonesia dan menjadi sebuah minuman kekinian yang digemari berbagai kalangan. Bola-bola kenyal yang ada pada teh dapat menggugah selera anda, disamping rasanya yang manis.

Lalu Apa Itu Bubble Tea?

Bubble tea adalah minuman yang mengandung gula dan tidak berkarbonasi ataupun mengandung alkohol. Sedangkan bahan dasar bubble nya adalah tepung tapioka dan gula merah dan dibentuk bulat kecil. Harga minuman bubble ini pun cukup murah dan sangat mudah didapatkan, terutama di sekitar-sekitar gedung sekolah.

coba lihat : Jenis Makanan Pencegah Perut Kembung

Minuman yang lazin dikonsumsi anak muda ini menyajikan beberapa jenis yaitu:

  • Teh dengan aneka rasa (baik rasa buah-buahan maupun kopi)
  • Ada tambahan bola tapioka (bubble)
  • Mengandung susu/creamy
  • Mengandung pemanis

Kandungan Nutrisi

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam teh bubble (bubble tea):

Kalori sebanyak 230 hingga 450 kalori

Gula 30 s/d 70 gram

Karbohidrat 54 – 70 gram

Jika mengonsumsi bubble dengan teh maka akan didapatkan kandungan fenol dan polifenol yang baik untuk kesehatan jantung. Namun bukan berarti untuk disarankan secara terus menerus mengonsumsi bubble tea. Karena bubble tea masih mengandung pemanis (kurang sepadan). Mengonsumsi bubble tea terlalu berlebihan bisa meningkatkan resiko sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB).

lihat lainnya : Makanan Yang Perlu Dihindari Pemilik Gigi Sensitif

Jadi, Bubble Tea Memang Berbahaya?

Di atas tadi sudah disebutkan, jika berlebihan, bubble tea akan berbahaya bagi kesehatan (kondisi tubuh). Selain susah untuk buang air besar, mengonsumsi bubble tea bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan terkena diabetes. Kadar gula yang terdapat pada bubble tea bisa mencapai 50 persen atau bahkan lebih dari kebutuhan gula sehari-sehari. Untuk itu bagi penderita diabetes sebaiknya hindari minuman kalangan milenial (anak muda) ini.

Peneli juga mengatakan jika meminum bubble tea terlalu sering akan berdampak fatal, fungsi hati perlahan rusak. Bisa saja anda terserang hepatitis dan penyakit kuning.