Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

PrimaDaily – Menambah tinggi badan bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya secara alami. Jika anda ingin tinggi dengan mengonsumsi obat atau suplemen yang mengklaim bisa menambah tinggi badan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada pakarnya.

Percepatan pertumbuhan tinggi badan (growth spurt) dimulai dari sejak memasuki usia remaja. Pada pria, masa pertumbuhan ini dimulai sejak usia 11 tahun dengan puncak masa pertumbuhan di usia 13 tahun. Sedangkan pada wanita, masa pertumbuhan tersebut dimulai sejak usia 9 hingga 10 tahun dengan puncaknya di usia 11 hingga 12 tahun. Percepatan pertumbuhan ini akan berhenti pada akhir masa pubertas.

Berikut Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami Selama masa percepatan pertumbuhan : 

Makan dengan gizi yang seimbang

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mulai dari sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan. Perhatikan juga kecukupan vitamin D yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatannya. Makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan tuna, susu, dan kuning telur.

Baca juga : Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh, Bisa Sebagai Lalapan

Aktif dalam olahraga

Olahraga memperkuat otot dan tulang, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah bersepeda, berenang, sepak bola, badminton, dan basket.

Tidur yang cukup

Kurang tidur selama masa remaja, dapat memicu masalah kesehatan, termasuk menghambat pertumbuhan tinggi badan. Berikut ini adalah jumlah waktu tidur bayi dan anak per hari yang disarankan sesuai usia:
– Bayi yang baru lahir hingga 3 bulan = 14-17 jam
– Bayi usia 3-11 bulan = 12-17 jam
– Balita usia 1-2 tahun = 11-14 jam
– Balita usia 3-5 tahun = 10-13 jam
– Anak usia 6-13 tahun = 9-11 jam
– Remaja usia 14-17 tahun = 8-10 jam

Sedangkan untuk orang dewasa berusia 18-64 tahun, idealnya tidur 7-9 jam dalam sehari.

Baca juga : Penyebab Melahirkan Secara Prematur, Bunda Wajib Tahu

Cara Memperkirakan Tinggi Badan Maksimal

Kurangnya tinggi badan bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu asupan gizi yang kurang, penyakit kronis, dan faktor genetik. Untuk mengetahui tinggi badan maksimal yang mungkin dicapai, bisa dilakukan dengan menghitung tinggi badan kedua orang tua.

Berikut ini adalah cara untuk menghitung perkiraan tinggi badan maksimal anak:

  • Menghitung perkiraan tinggi badan maksimal anak perempuan
    (tinggi ayah – 12.7 cm + tinggi ibu) dibagi 2.
  • Menghitung perkiraan tinggi badan maksimal anak laki-laki
    (tinggi ibu + 12.7 cm + tinggi ayah) dibagi 2.