Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami yang Mudah dan Efektif

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

PrimaDaily – Cara mencerahkan wajah secara alami dan juga efektif, lebih terjangkau hingga relatif amana dibandingkan dengan prosedur kecantikan atau penggunaan produk-produk perawatan kulit.

Berikut beberapa cara mencerahkan wajah secara alami yang dapat Anda lakukan:

1. Rajin mencuci wajah

Rajin mencuci wajah sangat efektif untuk mencerahkan wajah. Cuci lah wajah 2 kali dalam sehari yaitu malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tiudr.

Gunakan sabun berbahan lembut untuk mencegah kulit wajah mengalami iritasi, juga dianjurkan untuk membersihkan wajah tiap usai berolahraga atau bepergian ke luar rumah untuk menghilangkan bakteri dan keringat berlebih pada wajah. Bila perlu gunakan pelembab kulit untuk menjaga wajah tetap lembab dan berseri.

2. Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Perbanyak konsumsi makanan yang diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti:

  • Protein, terutama kolagen.
  • Lemak sehat yang mengandung omega-3.
  • Zinc.
  • Aneka vitamin, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E.
  • Antioksidan.

Aneka nutrisi tersebut bisa ditemukan pada makanan-makanan bernutrisi tinggi, misalnya kangkung, bayam, rumput laut, ikan, telur, alpukat, dan yoghurt. Kemudian batasi konsumsi makanan olahan atau makanan yang tinggi kandungan gula, lemak, dan radikal bebas. Hindari juga konsumsi alkohol atau kafein berlebihan karena dapat membuat kulit kering.

3. Lindungi wajah dari sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV) pada siang hari. Pasalnya, intensitas sinar UV tertinggi terjadi pada pukul 11.00-15.00 siang. Sering terpapar sinar UV dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko kerusakan pada kulit, penuaan dini, bahkan risiko kanker kulit.

4. Istirahat yang cukup

Jika Anda kurang tidur, maka kulit wajah akan terlihat lebih kusam, serta memicu munculnya garis halus dan lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

Pastikan Anda tidur setidaknya 7-9 jam sehari dan hindari makanan berat atau mengonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Kelola stres

Stres tak hanya akan membuat kulit Anda lebih kusam, namun juga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kulit, seperti jerawat.

Mengelola stres bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti rutin berolahraga, mengerjakan hobi, dan melakukan relaksasi, yoga, atau meditasi.

6. Rutin berolahraga

Tak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, ruitn olahraga juga memelihara kelenturan kulit wajah agar kulit terlihat cerah dan awet muda. Oleh karena itu, lakukan olahraga ringan, misalnya joging, secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari.

7. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kuman dan paparan zat berbahaya. Selain itu, minyak kelapa juga dipercaya efektif menangani jerawat dan kerap dimanfaatkan sebagai pembersih makeup.

Oleskan minyak kelapa secukupnya ke wajah sebelum tidur malam. Pijat selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih atau gunakan tisu wajah yang lembut. Biarkan lapisan tipis minyak kelapa yang tertinggal di wajah semalaman, lalu bilas kembali hingga bersih keesokan harinya.

Mengingat jenis kulit wajah tiap orang berbeda, lebih baik konsultasikan lebih dahulu dengan dokter kulit sebelum Anda melakukan cara mencerahkan wajah secara alami di atas.