Durian Gandaria Cikakak, Rasanya Super Lezat

Durian Gandaria Cikakak, Rasanya Super Lezat

Primadaily– Durian Gandaria Cikakak yang rasanya lezat ini adalah salah satu jenis durian yang berbeda dari jenis durian lainnya yang ada di Indonesia. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari struktur bentuk luar, dan rasa daging duriannya.

Durian Gandaria merupakan jenis durian lokal yang dikenal seantero Nusantara. Sampai saat ini, durian ini masih menjadi unggulan dan buruan dari para penikmat durian.

Pohon durian Gandaria Cikakak ini tumbuh di Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Para penjual durian ini berjejer di sepanjang jalan di kawasan Wisata Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Tampilan luar durian Gandaria Cikakak ini berbeda dengan durian lainnya. Terlihat pada ujung tangkai durian ini yang bersisik dan pecah-pecah. Durian ini juga memiliki duri yang runcing. Daging buah durian Gandaria Cikakak memiliki rasanya yang enak, tebal, dan lembut, serta ukuran bijinya yang kecil.

“Sekarang durian Gandaria Cikakak terbilang langkah karena pohonnya jarang berbuah dan perawatannya sulit,” kata Zaenal, seorang penjual durian Gandaria Cikakak.

“Cita rasa yang lezat dan masih sedikitnya pasokan, harga durian Gandaria Cikakak sekitar Rp 500 ribu untuk bobot 4 sampai 5 kilogram. Kalau yang kecil harganya Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu,” lanjut Zaenal.

Zaenal juga menjelaskan, kalau pohon durian Gandaria Cikakak yang asli hanya ada satu di Kampung Cidadap, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak. Menurutnya, satu pohon itu bisa menghasilnya jumlah sekitar 50 buah durian.

Bagi Anda yang ingin menikmati buah Gandaria Cikakak yang rasanya super lezat ini, Anda bisa berkunjung ke Desa Desa Sukamaju, Cikakak.  Kawasan wisata Pelabuhan Ratu bisa menjadi patokan perjalanan ke Desa Cikakak. Karena lokasi desa tersebut tidak jauh dari Pelabuhan Ratu.