Inilah Daftar Waktu yang Tepat Makan Buah untuk Kesehatan

Inilah Daftar Waktu yang Tepat Makan Buah untuk Kesehatan

PrimaDaily – Sering sekali kita makan buah di sebarangan waktu. Padahal ada waktu terbaik makan buah untuk kesehatan. Apakah waktu yang terbaik saat pagi atau saat siang, ya? Yuk kita simak lagi.

Makan buah pun perlu perhitungan waktu sendiri supaya ketika makan buah ada gizi yang bisa secara maksimal dapat diserap oleh tubuh. Sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah perhitungan waktu yang tepat makan buah untuk kesehatan:

1. Makanlah buah saat pagi hari

Selama tidur, tentu perut kita berada dalam keadaan kosong. Nah saat pagi hari adalah waktu yang tepat untuk makan buah. Kenapa? Karena, makan buah di pagi hari bisa menambah zat fruktosa yang baik untuk tubuh sendiri.

Selain itu, mengonsumsi buah juga memberikan nutrisi yang lebih cepat menyebar dan bisa dijadikan sebagai energi untuk aktivitas sehari-hari.

Nah, jika Anda sudah mengonsumsi makan buah, jangan langsung makan makanan utama, nasi misalnya. Jadi Anda tunggu dulu sampai 1 atau 2 jam kemudian baru anda makan makanan utama. Dengan cara seperti itu, memberikan waktu untuk mencerna makanan yang dimakan secara utuh. Sehingga Anda tidak akan merasakan kembung atau pusing.

2. Makan buah sebelum olahraga

Kenapa makan buah sebelum melakukan olahraga adalah waktu yang tepat? Karena buah yang mengandung gula dan karbohidrat yang melimpah, dapat menjadikan penyeimbangan saat olahraga untuk mengeluarkan banyak keringat. Buah yang cocok dikonsumsi sebelum olahraga adalh pisang dan managa.

3. Jangan makan buah bersamaan dengan makanan utama

Mengapa makan buah sambil makan makanan utama tidak boleh? Karena bisa memperlambat nutrisi yang didapat dari makanan utama untuk dicerna oleh tubuh.

Selain itu juga bisa menyebakan fermentasi dalam tubuh yang memicu berbagai masalah pencernaan, seperti kembung, mulas hingga diare.

4. Konsumsi Buah sebagai Cemilan

Selanjutnya waktu yang terbaik makan buah adalah ketika setelah makan siang, jam 3 sampai jam 6 sore. Hal ini memberikan waktu agar buah bisa dicerna oleh tubuh dengan lebih baik.

Anda pun juga bisa makan buah sebagai cemilan sehat di saat sore bersama keluarga.

5. Sebelum tidur hindari makan buah

Makan buah saaat sebelum tidur bukanlah waktu yang terbaik untuk makan buah. Jika Anda makan buah saat sebelum tidur, hal itu dapat menyulitkan Anda untuk tidur. Hal itu terjadi karena buah memiliki banyak kandungan gula.

Namun, apabila anda bermaksud untuk bergadang, maka dengan mengonsumsi kopi bisa sebagai pengganti buah untuk temani Anda saat malam.