Jenis Makanan Pencegah Perut Kembung

jenis makanan pencegah perut kembung

PrimaDaily – Yang ingin sehat tentunya selalu memperhatikan segala aspek tips kesehatan, termasuk mencari jenis makanan pencegah perut kembung.

Bila anda pernah merasakan perut kembung atau masuk angin, pastinya anda tidak akan nyaman. Bila ditahan akan menambah sakit tetapi bila dikeluarkan akan mendapat malu. Hal ini sering menjadi problematika para pengidap perut kembung.

Klik Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh, Bisa Sebagai Lalapan

Seseorang yang mengalami perut kembung lebih sering bersendawa dan buang gas beracun alias kentut. Apalagi rekan seruangan kerja anda di kantor hanya berkisar hitungan jari. Bisa jadi anda malu sendiri.

Kembung di perut ditandai dengan adanya penumpukan gas yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri secara berlebihan pada usus kecil. Selain itu retensi air bisa juga menjadi salah satu penyebabnya. Retensi air ini terjadi karena karena kadar natrium yang tinggi.

Faktor Perut Kembung:

Makan terlalu banyak

Merokok dan minum alkohol

Sembelit

Mengonsumsi makanan yang berlemak

Dengan demikian, agar anda terbebas dari perut kembung, berikut ini akan dibahas jenis makanan sebagai pencegah perut kembung.

Jenis Makanan Pencegah Perut Kembung

Pisang

Setiap orang kenal buah pisang. Buah yang berciri khas panjang dan berwarna kuning ini bisa mencegah anda terkena perut kembung, bahkan menjadi solusi perut kembung yang sedang terjadi. Jadi saat anda terlalu banyak mengonsumsi natrium, maka pisang mampu menetralisir. Karena kandungan utama dari buah pisang adalah kaliumnya.

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Oksigen (Hipoksemia) KLIKKKK!

Kacang-kacangan

Ini juga bisa mengatasi perut kembung anda secara aman. Karena kacang-kacangan banyak mengandung protein, karbohidrat, serta serat. Kandungan lainnya berupa vitamin dan mineral. Oleh sebab itu, mengonsumsi kacang-kacangan bisa memperlancar sistem pencernaan anda, sehingga gas di dalam perut ikut keluar.

Melon

Melon juga termasuk sebagai salah satu jenis makanan pencegah kembung. Sebab hampir 90 persen kandungan air ada dalam buah segar ini. Tentunya mengurangi rasa kembung anda, termasuk membuang garam berlebih dari dalam tubuh.

Mentimun

Timun atau mentimun juga mampu mengusir perut kembung. Salah satu zat yang terkandung dalam timun ini ialah quercetin yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Vitamin C dari mentimun juga turut mencegah retensi cairan di dalam tubuh. Biasanya sih mentimun dijadikan sebagai lalapan.

Kunyit

Khasiat kunyit untuk dipercaya sebagai obat kembung sudah dipercaya sejak dahulu kala. Air kunyit akan berfungsi untuk membuang seluruh gas yang terjebak dalam tubuh anda.

Pepaya

Buah manis satu ini juga memiliki khasiat untuk masalah pencernaan seperti perut kembung. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, bisa juga disajikan sebagai rujak. Kandungan enzim papain buah pepaya akan membantu mengurai protein secara baik yang bisa melegakan perut.