Jenis Tanaman Obat Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan

daun sirih - jenis tanaman obat

PrimaDaily – Jenis tanaman obat sebenarnya cukup banyak dan mudah ditemukan di sekitar kita. Karena biasanya tanaman yang dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit akan diramu sesuai manfaatnya.

baca juga : Atasi Ambeien Anda Dengan Buah Matoa

Ada juga jenis tanaman obat yang bisa dikonsumsi secara langsung setelah dikupas kulitnya, namun ada juga yang hanya dijadikan sebagai rendaman untuk diminum sebagai obat.

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat tumbuhan obat anda sendiri di halaman belakang maupun depan rumah anda. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Lingkungan rumah anda akan terlihat lebih asri. Selain itu anda juga akan memiliki kegiatan yang bermanfaat di sore maupun pagi hari.

Jenis Tanaman Obat

Berikut jenis tanaman obat yang bisa anda tanaman sendiri.

1. Lengkuas

Dalam bahasa karonya adalah laos/kelawas. Tanaman herbal ini merupakan jenis umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi dan dataran rendah.

Khasiat lengkuas bisa sebagai obat batuk, mengobati bronkitis, serta mengurangi ketidaknyamanan perut akibat peradangan.

Anda bisa menanam lengkuas di dalam pot bila tanah anda kurang mencukupi untuk berocok tanam.

2. Jahe

Tanaman obat tradisional yang satu ini sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan, misalnya sakit perut, nyeri haid, mual, vertigo, dan mencegah bertumbuhnya sel kanker usus. Senyawa terkandung di dalamnya berupa gingerol.

3. Sirih

Sirih/daun sirih adalah tanaman herbal asli Indonesia yang pertumbuhannya merambat atau bersandar pada pohon di dekatnya.

Sirih memiliki segudang manfaat, khususnya kesehatan gigi ada beragam, diantaranya:

  • menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut
  • untuk menguatkan otot gigi
  • mencegah gigi berlubang
  • mencegah penyakit gusi

Selain bagus untuk gigi, antioksidan tannin yang ditemukan dalam lembaran daun sirih bisa juga untuk mengobati luka bakar.

Bagi budaya orang batak, cara mengonsumsi sirih ini biasa dikunyah bersama gambir, pinang, kapur, dan tembakau. Jadi jika anda memutuskan untuk menanam, maka suatu saat ketika sudah panen anda dapat menjualnya ke pasar tradisional. Tentunya bisa menjadi bisnis dong.

4. Serai

Serai sangat mudah tumbuh dipermukaan tanah dan paling sering digunakan sebagai bumbu/bahan masakan. Selain itu, serai bisa dikolaborasi untuk produk pengusir serangga seperti nyamuk. Karena kandungan sitronela pada serai tidak disukai oleh nyamuk.

Tapi ketahuilah manfaat serai cukup banyak, antara lain:

  • mengurangi demam tinggi
  • mencegah infeksi saluran tenggorokan
  • meredakan stres

Bila anda bingung bagaimana mengolah serai ini agar berfungsi sebagai obat, cobalah untuk mencampurkan tanaman tersebut ke dalam teh.

lihat lainnya Bisa Cegah Kanker, Ini Manfaat Buah Mahkota Dewa

5. Lidah Buaya

Lidah buaya berbentuk lidah-lidah runcing berwarna hijau dan biasanya tumbuh di tanah yang berpasir dan sedikit berkerikil. Selain mampu menangkal pencemaran udara, tumbuhan lidah buaya juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang hendak masuk ke dalam tubuh.

Bisa juga untuk mengatasi sembelit dan luka bakar, dan lebih populernya bagus untuk kesehatan rambut. Cobalah untuk menanam tanaman hijau yang satu ini.