Makanan Yang Perlu Dihindari Pemilik Gigi Sensitif

makanan yang dihindari gigi sensitif

PrimaDaily – Anda harus tau apa saja jenis makanan yang harus dihindari agar gigi sensitif tidak kumat. Karena kalau tidak, anda akan merasakan sakit yang bisa membuat segalanya menjadi tidak semangat untuk dilakukan.

Gigi sensitif merupakan sebuah kondisi dimana dalam seketika muncul rasa ngilu pada gigi. Penyebabnya bisa dari makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut, misalnya minuman panas dan minuman yang terlalu dingin. Atau bisa juga dari makanan-makanan yang terlalu manis, asam, dll. Untuk jangka rasa sakitnya bisa dalam beberapa jam dan bisa juga hanya sebentar.

baca juga : Tanda Terlalu Banyak Orang Mengonsumsi Gula

Penyebab lainnya juga bisa karena:

  • retakan kecil di gigi

  • adanya resesi gusi/posisi perubahan gusi

  • peradangan pada gusi

  • abses gigi

Nah, ketika anda mendapati kondisi yang demikian, tentu anda akan mencari tahu jenis makanan apa saja yang harus anda hindari oleh pemilik gigi sensitif, agar kondisi gigi sensitif tidak terulang.

Jenis Makanan Yang Perlu Dihindari Gigi Sensitif

Ice Cream

Ice cream tentu sangat disukai semua orang, terlebih anak-anak. Rasanya yang manis dan enak di lidah membuat anda agar selalu tergoda. Tapi demi kesehatan gigi sensitif anda, sebaiknya hindari makanan ini. Lapisan enamel yang tipis membuat saraf mudah terekspose makanan. Dan itu membuat anda tidak nyaman.

Permen Bertekstur Keras

Permen ini banyak sekali dijual di warung maupun supermarket tetapi gigi sensitif anda tidak tahan terhadap gigitan/benturan makanan yang keras. Salah satu contoh dari permen ini adalah permen lolipop.

Soda

Minuman segar namun tidak disarankan bagi penderita gigi sensitif. Alasannya karena soda mengandung dua bahan seperti gula dan asam yang mampu mengiritasi saraf gigi terbuka. Waduh, sayang sekali ya…

Citrus

Mengonsumsi citrus seperti nanas, jeruk nipis, dan lemon tidak dianjurkan bagi penderita gigi sensitif. Karena asam sitrat bisa menghancurkan gigi terlebih pada orang yang memiliki enamel gigi tipis.

Minuman Panas

Contohnya adalah teh panas, kopi panas, dan lain sebagainya. Pada saat kita meminum minuman panas akan berdampak pada gigi ngilu.

baca juga : Dampak Buruk Minum Kopi, Jika Kebanyakan!

Tomat

Sangat disayangkan padahal tomat bagus untuk mencerahkan kulit. Baik tomat mentah maupun saus tomat bisa memicu gigi anda semakin sensitif karena kandungan asamnya yang tinggi.

 

artikel lainnya : Menjaga Pola Makan Yang Benar, Anda Harus Tahu