Manfaat Olahraga Tinju Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Tinju Bagi Kesehatan Tubuh

PrimaDaily – Olahraga memang memiliki manfaat untuk memberikan kesehatan bagi tubuh termasuk olahraga tinju. Tinju adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde.

Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya. Namun sudah tahukah anda manfaat dari olahraga ini?

Berikut Manfaat Olahraga Tinju bagi kesehatan tubuh :

Baik untuk kesehatan jantung

Olahraga tinju dapat melatih jantung agar bisa berfungsi dengan lebih efisien. Olahraga ini akan mendorong tubuh Anda untuk terus bergerak. Gerakan pukulannya juga membuat otot-otot berkontraksi. Pada saat itulah jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah dan oksigen.

Semakin sering dilatih, jantung akan memberikan pasokan darah dan oksigen yang cukup tanpa terlalu sering memompa.

Melatih otot inti dan stabilitas tubuh

Olahraga tinju melatih otot-otot inti dalam tubuh. Gerakan tinju banyak melibatkan otot inti yang meliputi otot panggul, punggung, pinggang, dan perut.

Pukulan yang Anda lakukan dalam tinju akan melatih otot menjadi lebih kuat. Ketika otot sudah semakin kuat, risiko mengalami cedera dan nyeri punggung pun berkurang. Kekuatan otot inti juga dapat berdampak pada postur tubuh yang lebih baik.

Meningkatkan koordinasi tubuh

Olahraga tinju bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan kordinasi tubuh. Anda akan berlatih untuk menyelaraskan gerak tubuh dan kaki. Anda juga belajar bagaimana caranya memperkirakan ke mana gerak tangan harus diarahkan agar pukulan dapat mendarat sempurna pada titik lemah objek yang akan diserang.

Membakar kalori lebih

Olahraga tinju adalah olahraga yang menguras banyak energi, otot di seluruh tubuh kita pun ikut bekerja lebih keras. Kabar baiknya, salah satu manfaat dari berlatih tinju adalah membakar lebih banyak kalori yang akan membantu Anda yang mau menurunkan berat badan.

Berapa banyaknya kalori yang terbakar akan berbeda-beda dan bergantung pada jenis latihan yang dilakukan. Biasanya perempuan bisa membakar sampai sekitar 400 kalori dalam satu jam berlatih, sedangkan laki-laki bisa membakar sekitar 500 kalori.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jika otot sudah terlatih, Anda dapat meninju lebih kuat tanpa merasa lelah. Ditambah lagi, ketika Anda berlatih, Anda juga turut membuat kerja paru-paru dalam menyerap oksigen dan menyalurkannya menuju aliran darah menjadi lebih efisien.

Lebih banyak darah dan oksigen dalam otot tubuh akan membantu Anda agar bisa berlatih lebih lama.