Panduan Bagi Orang Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

panduan pertama kali naik pesawat

PrimaDaily – Supaya jangan dikata ‘norak’ atau ‘katro’, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu panduan bagi orang yang baru pertama kali naik pesawat.

Perjalanan yang jauh memang kerap dikaitkan dengan pesawat terbang. Di samping keefisienan waktu, pesawat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Bagi yang sudah biasa mungkin tidak menjadi asing lagi saat pergi ke bandara.

lihat artikel lainnya : Tips Agar Santai Traveling Sendirian (Solo Traveling)

Untuk itulah di sini akan dijelaskan tips sebagai panduan bagi anda yang baru pertama kali naik pesawat.

1. Pesan tiket pesawat dan persiapakan kartu identitas

Tiket merupakan sebuah syarat agar bisa menaiki transportasi, baik transportasi darat, laut, serta udara. Jika anda sudah memutuskan menaiki pesawat terbang untuk perjalanan jauh anda, sebaiknya pesan tiket sesuai budget. Karena tak semua maskapai penerbangan sama.

Anda bisa mengeceknya di internet atau membeli langsung pada agen travel resmi. Bisa juga menilik pada aplikasi online yang sudah terpercaya. Biasanya akan ada tiket promo ditaggal dan jam-jam tertentu. Tiket inilah yang nantinya akan anda bawa ke bandara bersama dengan kartu identitas seperti KTP, paspor, dll.

2.Perhatikan kuota bagasi maskapai

Anda perlu memperhatikan barang-barang bawaan karena kuota yang diberikan masing-masing maskapai berbeda. Jangan sampai anda membawa barang dalam jumlah yang banyak. Karena jika sudah limit, anda akan dikenakan biaya tambahan yang cukup mahal per kilogramnya.

Prioritaskan barang yang memang benar-banar manjadi kebutuhan. Termasuk juga soal oleh-oleh, bisa saja pembayaran bagasi yang anda lakukan sangat tidak sebanding dengan oleh-oleh yang anda bawa.

3. Usahakan hadir minimal satu jam sebelum keberangkatan

Hal ini baik agar anda tidak ketinggalan pesawat. Hadir dua jam sebelum merupakan jam yang cukup efektif bagi anda dalam proses check-in. Daripada terburu-buru, kan lebih baik santai.

4. Pastinya anda akan melewati security check

Sebelum berkemas, perhatikan dulu barang-barang yang bisa dibawa masuk kabin. Ini untuk menghindari adanya benda tajam di dalam pesawat, seperti gunting dan pisau tidak diperbolehkan masuk pesawat. Dan barang-barang mencurigakan lainnya, termasuk barang haram.

5. Cari loket check-in

Jika anda masih bingung, cobalah tanya kepada satpam di bandara. Sesuaikan jenis tiket yang anda pesan dengan loket check-in nya. Jangan sampai anda salah masuk.

Oh iya saat menukar boading pass, anda bisa meminta petugas loket supaya memberikan tempat yang nyaman untukmu. Misalnya duduk di dekat jendela. Tetapi jika tempat itu masih kosong ya.

6. Melihat gate keberangkatan

Gate keberangkatan tertera pada boarding pass anda. Jika masih membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk menayakan petugas loket ke arah mana anda harus berjalan selanjutnya. Jika masih kurang jelas, mintalah petugas keamanan/security untuk menunjukkan jalan kepada anda.

Jika jam keberangkatan masih lama, silahkan menunggu pada ruang tunggu yang disediakan di bandara dan jangan jauh dari gate. Supaya nantinya jika ada delay atau pergantian gate, anda bisa mendengar informasinya dengan baik. Usahakan untuk tidak mendengar musik lewat earphone bervolume keras.

7. Tunjukkan KTP

Pegang saja dulu identitas anda. Karena saat sudah ada pengumuman masuk pesawat, kertas boarding pass dengan KTP akan ditunjukkan ke petugas. Setelah sudah selesai, barulah anda masukkan kembali KTP atau identitas diri anda ke dalam dompet dan tas.

8. Cari nomor kursi anda

Sama dengan tiket kereta api, nomor duduk bisa anda lihat di kertas boarding pass.

9. Jangan terburu-buru saat pendaratan

Ini juga penting. Pastikan bahwa tak ada barang yang ketinggalan termasuk tas atau koper yang ada dalam bagasi. Perhatikan dengan seksama sesuai nomornya agar barang anda tidak tertukar satu sama lain.

Nah.. Jika sudah mengerti, anda pasti siap berangkat naik pesawat walau harus berangkat sendirian.