Perlengkapan Saat Naik Gunung, Pemula Harus Tau!

perlengkapan saat naik gunung

Berbagai Perlengkapan Saat Naik Gunung

PrimaDaily – Memperhatikan perlengkapan saat naik gunung merupakan salah satu persiapan yang harus kita lakukan saat sudah memutuskan untuk mendaki.

Bagi anak muda jaman sekarang, naik gunung sudah menjadi sebuah hobi atau sebuah gaya hidup. Mereka akan kelihatan keren apabila sudah sampai di puncak gunung dan mengabadikannya ke dalam sebuah gambar sambil memegang bendera kebanggaan Indonesia.

Tapi seperti yang kita tahu, di gunung hanya ada tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan kecil yang merayap. Tak ada penginapan terlebih kantin atau cafe. Lantas kita sendirilah yang akan mempersiapkan kebutuhan kita selama di gunung.

Jenis Perlengkapan

Sebenarnya naik gunung itu menyakitkan. Selain melakukan perjalanan selama berjam-jam sambil menggendong barang kebutuhan, kita juga dilatih untuk hidup sederhana, lebih bersabar, serta tahan banting apabila sampai terluka.

Bagi yang sudah terbiasa naik gunung, mungkin tak perlu dijelaskan lagi apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat naik gunung. Namun bagaimana untuk orang yang baru pertama kali hendak naik gunung? Artikel ini sebenarnya sangat cocok untuk menambah persiapanmu.

Penasaran, apa saja perlengkapan saat naik gunung? Berikut daftarnya.

1. Carrier

Carrier adalah nama lain dari tas gunung. Bentuknya yang memanjang, berfungsi sebagai penyimpanan barang-barang yang kamu bawa.

Kamu boleh memasukkan apa saja ke dalamnya, seperti: makanan, minuman, pakaian ganti, sarung, senter, obat-obatan, jeket, topi, kamera dan lain sebagainya.

Carrier juga memiliki ragam ukuran, namun biasanya para pendaki lebih sering menggunakan carrier berukuran 60 liter.

2. Tenda

Perlengkapan saat naik gunung yang kedua adalah membawa tenda. Tenda merupakan barang bawaan wajib yang tentu gunanya sudah kamu tahu, ya supaya bisa tidur dengan tenang.

Tenda bisa dibeli sendiri ataupun disewa. Oh iya sesuaikan juga ukuran tendamu dengan kapasitas muatannya ya. Jangan sampai tendamu rusak karena terlalu banyak orang di dalamnya.

3. Logistik

Logistik dapat berupa:

  1. Bahan Makanan
  2. Obat P3K
  3. Air Minum

Perlengkapan saat naik gunung yang satu ini memang paling banyak dibawa.

Bahan makanan dapat berupa telur, beras, bawang merah, bawang putih, cabai, gula merah, garam, mie instant, minyak goreng, ikan kaleng, kornet, sosis, sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga aneka snack ringan.

Sedangkan untuk P3K, kamu dapat membawa obat sakit perut, pusing, obat batuk, ataupun obat pribadi lainnya.

4. Peralatan Masak

Kebanyakan pendaki selalu membawa nesting atau portable stove saat mendaki gunung. Selain itu peralatan lainnya adalah pisau cutter, panci kecil, kuali mini, sendok, baskom, telenan, piring, dan cangkir.

Nah ketika ini sudah ada, kamu dapat memasak kopi misalnya saat sedang menikmati sunset, di atas puncak gunung.

5. Sleeping Bag

Ini memang tidak menjadi sebuah keharusan, tapi tak ada salahnya membawa ke gunung jika kamu memiliki sleeping bag. Gulunglah badanmu dengan sleeping bag. Fungsinya adalah untuk menghangatkan tidur kita.

Jadi walaupun sudah ada tenda, sleeping bag membantu anda mengurangi rasa dingin di gunung.

6. Jas Hujan/Mantel Hujan

Mantel hujan digunakan supaya ketika hujan turun, bajumu tidak basah kuyub saat proses pendakian atau penurunan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila menyediakan mantel sebelum hujan turun.

7. Pelindung Kaki

Perlengkapan saat naik gunung yang terakhir adalah pelindung kaki. Pelindung kaki ini dapat berupa sandal gunung, maupun sepatu gunung.

Pilihlah sandal atau sepatu gunung yang berbobot ringan, supaya perjalanan naik gunungmu lancar dan efektif. Disarankan juga untuk memakai kaos kaki, karena cuaca di gunung sangatlah dingin.

 

Oke guys, itulah ketujuh hal yang patut kamu persiapkan. Selamat naik gunung!