Tips Mengurangi Sampah Plastik, Laksanakan Sekarang!

tips mengurangi sampah plastik

PrimaDaily – Salah satu tips yang bisa kita laksanakan pada kegiatan sehari-hari adalah tips mengurangi sampah plastik. Pengertian sampah plastik yaitu akumulasi dari produk-produk plastik yang ada lingkungan sekitar yang bisa berdampak buruk bagi kehidupan makhluk hidup, termasuk kesehatan manusia.

Sejak kantong plastik diciptakan pada tahun 1959, 60% nya sudah terhitung mencemari seluruh lingkungan. Tak perlu heran, seperti kita ketahui, plastik sangat dekat dengan sehari-hari kita. Setiap kali kita membeli makanan, minuman, atau barang, tempatnya adalah plastik. Karena plastik memiliki harga yang murah dan bisa didaur ulang.

Menurut data dari Sustainable Waste Indonesia (SWI) terdapat 9 hingga 10 persen sampah plastik yang bisa didaur ulang. Per sebelas juta kilogram (kg) sampah plastik jika diproduksi untuk proses daur ulang, maka hanya dua kilogram yang terkelola dengan sempurna.

Fakta yang lebih parahnya lagi, dampak dari sampah plastik bisa membuat air sungai meluap sehingga timbullah banjir. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh semua orang. Jadi mulai sekarang, perhatikan pemakaian bahan plastikmu. Sebisa mungkin kita perkecil pemakaiannya agar terhindar dari dampak buruk yang bisa mengancam kehidupan.

TIPS MENGURANGI SAMPAH PLASTIK

Beberapa tips ini bagus untuk anda lakukan, antara lain:

Bawalah botol minum sendiri kemana-mana

Menurut data ada sekitar 20 miliar botol air mineral yang dijual berujung ke tempat sampah. Hal ini tentu tidak baik. Lebih baik anda membawa botol minum sendiri kemana-mana, selain praktis dan menghemat pengeluaran, botol minum sendiri bisa digunakan secara berulang. Belilah botol minum yang memiliki label BPA-Free.

baca : Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Kurangi pemakaian sedotan plastik

Jangan terlalu manja. Memang mengubah kebiasaan yang satu ini terbilang cukup sulit. Bayangkan seberapa banyaknya restoran atau gerai-gerai minuman sekarang yang menggunakan sedotan sebagai properti minumannya. Bila mengharuskan anda untuk memakai sedotan, pakailah sedotan berbahan stainless yang bisa dicuci dan digunakan kembali.

Minimalisir pemakaian microbeads

Microbeads yaitu partikel kecil yang terbuat dari bahan plastik. Biasanya terdapat pada produk kecantikan yang bernama ‘body scrub’.

Hindari memakan permen karet

Memakan permen karet memang sangat menyenangkan. Bisa mengurangi rasa kantuk dan sebagainya. Tetapi beberapa orang di dunia mungkin belum tahu mengenai hal ini. Bagaimana sebuah permen karet juga dapat mencemari lingkungan dan dianggap sebagai sampah plastik.

Faktanya, kandungan plastik dalam permen karet itu ada, yakni polyethylene dan polyvinyl acetate. Polyethylene sering digunakan untuk membuat berbagai jenis mainan anak-anak, sedangkan polyvinyl acetate adalah bahan lem. Itulah alasan mengapa pada saat memakan permen karet, anda tidak boleh menelannya.

Selain itu sisa permen karet yang dibuang sembarangan yang membuat dampak pencemaran lingkungan. Sisanya akan lengket dimana-mana.

Mengganti kantong plastik dengan kantong kertas

Alangkah lebih bagus saat anda sedang berbelanja menggunakan keranjang belanjaan. Otomatis bisa mengurangi sampah plastik di sekitar. Atau misalnya, jika anda sedang berbelanja satu buah minuman di supermarket, sebaiknya tidak usah meminta plastiknya. Pegang saja secara langsung.

Mengurangi pesanan lewat online food

Hal sederhana yang bisa anda lakukan adalah rajin memasak sendiri di rumah. Karena jika anda terus-terusan mengorder makanan cepat saji lewat online, maka akan membuat peredaran plastik lebih banyak lagi. Makanan dan minuman yang dibungkus tentu dilapisi plastik agar tidak terjatuh saat hendak mengantarnya ke rumah anda.

Selain mengurangi sampah plastik, anda akan menghemat biaya belanja bulanan keluarga anda.

baca : Tips Menghemat Uang Belanja Keluarga

Mengurangi pemakaian tissue basah

Tips mengurangi sampah plastik berikutnya ialah mengurangi pemakaian tissue basah. Bagi anda yang belum tahu informasinya, tissue basah terbuat dari resin plastik yang tidak bisa larut ke dalam air. Lebih baik anda menggunakan kain bersih yang sudah dibilas dengan air untuk melap wajah anda.