Tips Agar Santai Traveling Sendirian (Solo Traveling)

tips traveling sendirian

PrimaDaily – Tips Agar Santai Traveling Sendirian (Solo Traveling).

Ada traveler yang suka traveling sendiri. Bukan terkesan sombong atau mau menutup diri dari orang-orang yang sejiwa dengan petualangan. Saat sendiri bisa jadi memberikan kepuasan tersendiri bagi yang melakukannya. Perjalanan seorang diri (solo traveling) bukanlah sebuah hal yang bermasalah.

Mungkin hal-hal yang didapat juga lebih banyak daripada traveling dengan sejumlah atau sekelompok orang. Tapi perlu anda ketahui bahwa solo traveling harus memiliki mental yang kuat dan berani. Jangan khawatir, di sini akan ada tips supaya anda bisa traveling sendirian.

Tips Traveling Sendirian

1. Pelajari ungkapan darurat dan bahasa lokal

Saat solo traveling, yang selalu menjadi kata kunci adalah kata-kata “halo”, “terima kasih”, “maaf”, dan “permisi”. Namun mempelajari bahasa lokal adalah amat penting. Sebelum melakukan perjalanan, terlebih dahulu cek diinternet mengenai bahasa lokal tujuan destinasi anda. Setidaknya empat sampai lima kalimat bisa anda kuasai, selain bahasa Indonesia dan Inggris.

2. Jangan mudah percaya dengan orang asing

Maksudnya di sini, sesekali anda diperbolehkan berbohong demi melindungan keprivasian dan keselamatan anda. Misalnya saat ditanya dimana anda akan tinggal saat solo travel. Anda boleh menjawabnya dengan bijak dan masuk akal. Karena bisa jadi orang tak dikenal tersebut adalah orang jahat.

Bukan untuk berprasangka buruk terhadap semua orang asing, hanya saja anda harus bisa waspada. Gunakan batin anda saat berbicara dengan orang tersebut. Bila perasaan tak enak, lakukan pembohongan.

3. Berpakaian sesuai budaya setempat

Bila tempatnya cukup sakral, maka tentu harus memakai pakaian yang sopan. Namun bila tempatnya seperti pantai, anda boleh memakai pakaian mini. Sesuaikanlah dengan kondisi lingkungan yang anda jalani. Jangan sampai timbul percekcokan dengan orang setempat saat anda salah pakaian. Anda kan pendatang baru di situ.

COBA BACA : Gaya Traveling Yang Kekinian dan Instagramable

4. Membuat informasi daftar perjalanan

Misalnya, anda harus membuat list perjalanan anda ke dalam beberapa hari. Perhatikan kapan anda harus pulang, berkunjung ke tempat-tempat kuliner, ke tempat-tempat hiburan, berbelanja souvenir, makan dan minum, serta reservasi hotel. Semuanya harus terstruktur sehingga liburan anda menyenangkan.

5. Jangan memperlihatkan barang-barang berharga

Misalnya pada saat anda berkunjung ke suatu taman wisata, usahakan untuk tidak memakai barang-barang berharga seperti emas, dll. Cukuplah hanya kamera atau ponsel yang ada di tangan anda. Namun jika ponsel sedang tidak diperlukan sebaiknya simpan saja ke dalam tas.

6. Pastikan ponselmu selalu memiliki baterai

Hal ini berguna ketika anda sedang tersesat maka anda segera mendapat bala bantuan. Bisa melalui gps atau juga dari orang-orang yang anda hubungi.

7. Nyamankan diri anda saat berjalan sendirian

Anda bisa sambil mendengarkan musik lewat headset/earphone saat sedang berjalan. Senyumlah jika dibutuhkan. Buatlah seperti sudah biasa melakukan perjalanan sendiri. Itu akan mengurangi kecurigaan orang terhadap anda.