Sering Dianggap Remeh, Justru Keempat Hal Ini Merupakan Dosa Besar

Sering Dianggap Remeh, Justru Keempat Hal Ini Merupakan Dosa Besar

PrimaDaily – Banyak muslim tidak menyadari bahwa ada sesuatu hal yang diperbuat bisa menjadi sebuah dosa besar.
Akan tetapi banyak pula yang menganggap hal tersebut hanya biasa-bisa saja bahkan disepelekan.

Orang-orang lebih sering menjalani hidupnya seturut dengan kemauan terutama dalam menjalankan gaya hidup.
Dengan demikian, cobalah kenali dahulu keempat hal yang bisa menjadi dosa besar jika jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan dalam hidup sehari-hari.

  • Berbohong

Baik anak-anak maupun orang dewasa, kegiatan berbohong memang sangat dibenci oleh Allah. Oleh karena itu jangan menganggap remeh hal ini. Usahakan agar selalu jujur dalam setiap apapun.

  • Jarang Bersedekah

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa dengan berzakat wajib saja sudah lebih dari cukup. Padahal zakat ada beberapa jenis termasuk memberi sedekah kepada orang yang benar-benar membutuhkan.

Namun rupanya meski sudah bergelimang harta kekayaan, kaum muslim masih saja ditemukan yang jarang bersedekah.

  • Membicarakan Keburukan Orang Lain

Mungkin semua orang beranggapan bahwa membicarakan keburukan orang lain adalah perbuatan dosa yang tak berkenan kepada Allah SWT.

Tetapi entah mengapa hal ini masih saja sulit dijauhkan dari diri setiap manusia. Kebanyakan orang melupakan perihal yang dilarang Allah ini. Dengan asyiknya kita mau diadu oleh hasutan setan dengan membicarakan keburukan orang lain.

Seringkali manusia membeberkan aib orang lain dengan sama sekali tidak ada rasa bersalah. Malah masih ditemukan orang yang hobi dengan hal ini.

Namun ketahuilah, melihat kejelekan orang lain untuk menjatuhkan perasaan bahkan harga diri orang lain, bukan membuat anda menjadi orang hebat. Karena setiap orang pasti memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing.

  • Menyakiti Hati dan Perasaan Orang Lain

Perlakuan yang menyinggung perasaan, menghina, mencela, bahkan menjatuhkan harga diri orang lain adalah hal yang merupakan dosa besar manusia. Apalagi tidak meminta maaf setelah melakukan sejumlah hal tersebut.

Maka dengan demikian haruslah kita senantiasa agar selalu menjaga setiap ucapan yang terlontar dari mulut kita sendiri. Selain itu juga harus menjaga perilaku/sikap terhadap orang lain sekalipun ada yang tidak menyenangkan bagi diri kita sendiri.