7 Candi di Indonesia yang Cerita Misteriusnya Masih Beredar Bagi Masyarakat

Candi di Indonesia

PrimaDaily – Dibalik megahnya bagunan situs sejarah seperti candi, ada pula 10 candi di Indonesia yang masih menyimpan cerita misterius. Meski disebut misterius namun tidak semuanya terlihat seram, tetapi ada pula yang unik.

Candi merujuk pada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan jaman purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha.Tetapi ada pula yang menyebut candi adalah sebuah bangunan replika tempat tinggal pada dewa di jaman dahulu atau rumah dewa yang sebenarnya.

Candi juga menyampaikan pesan-pesan sejarah lewat relief, arca, maupun bentuk bangunan arsitekturnya. Dimana hal-hal tersebut juga tidak pernah terlepas dari unsur spiritualitas, serta daya cipta para pembuatnya. Namun diantara beberapa candi, 7 candi yang ada di Indonesia berikut ini disebut masih menyimpan cerita misterius bagi kalangan masyarakat.

  • Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu yang paling terkenal dari sekian candi yang ada di Indonesia. Candi yang terdapat di Magelang ini terdapat patung singa pada sisi sebelah kanan dan dikiri tangga masuk. Konon katanya bila pengunjung berkata kasar maka pengunjung tersebut akan dihantui oleh singa di dalam mimpi secara terus menerus.

  • Candi Sewu

Candi Sewi adalah satu dari candi lainnya yang terdapat di daerah Yogyakarta dimana candi ini ceritanya dijaga oleh Dwarpala (penunggu yang menyerupai monster). Kalau anda datang ke candi ini pada tengah malam, konon katanya akan muncul penampakan dari penunggu tersebut.

  • Candi Gedong Songo

Candi ini terdapat di Semarang yang mana disebut memiliki penjaga gaib bernama mbah Murdo. Di candi ini anda bisa saja sewaktu-waktu bertemu dengan mbah Murdo tanpa sengaja, tak perduli baik pada siang maupun malam hari.

  • Canda Prambanan

Candi Prambanan di Yogyakarta memiliki arca Dewi Durga yang memancarkan cahaya ketika bulan purna. Katanya cahaya tersebut dipercaya dapat mempertemukan anda dengan jodoh yang tepat.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Candi Prambanan & Akses Transportasi

  • Candi Panataran

Salah satu cerita dari candi Panataran di Blitar adalah terdapatnya sumber air yang tidak pernah kering di kompleks candi. Air tersebut digunakan dalam acara pemujaan dewa gunung. Selain itu dipercaya mampu mengabulkan hal permintaan apapun.

  • Candi Sukuh

Candi yang berada di Karanganyar ini disebut memiliki relief yang menggambarkan bentuk alat kelamin manusia. Nah hingga saat ini masih dipercaya bila pengunjung yang datang ke candi ini kabarnya bisa mendapatkan momongan.

  • Candi Plaosan

Candi Plaosan di Klaten memiliki cerita yang bisa membuat seseorang penasaran. Pasalnya konon dikatakan bila seseorang mengunjungi tempat ini kabarnya akan mendapatkan jodoh yang diimpikan.