Cara Memancungkan Hidung dengan Prosedur Medis

cara memancungkan hidung

PrimaDaily – Sebagian orang meyakini bahwa mencubit hidung atau menarik hidung merupakan salah satu cara untuk memancungkan hidung. Namun begitupun hingga saat ini masih belum ada penelitian yang membenarkan tindakan tersebut sebagai alternatif memancungkan hidung secara efektif. Bahkan hal tersebutnya justru dapat menimbulkan cedera pada bagian hidung.

Sebagai cara yang aman, berikut ini beberapa prosedur medis yang bisa anda tempuh untuk memperoleh hidung lebih mancung yakni:

  • Septoplasty

Septoplasty membantu anda untuk meluruskan ataupun merapikan bentuk hidung yang kurang ideal. Prosedur ini dilakukan dengan mengubah posisi dinding pembatas (septum) dari 2 saluran hidung. Sementara itu pada keadaan tertentu mengubah posisi septum hidung juga dapat membuat hidung akan tampak lebih simetris.

  • Suntik Filler

Suntik filler merupakan sebuah prosedur medis yang cukup populer khususnya bagi kalangan wanita untuk mendukung kecantikan. Filler ini mampu menangani beragam keluhan yang terjadi pada bagian sekitar wajah seperti bibir tipis. Namun rupanya suntik filler bukan hanya mampu mengatasi bibir tipis tetapi juga efektif untuk memancungkan hidung.

Dalam praktiknya memancungkan hidung prosedur ini dilakukan dengan menyuntikkan bahan kimia khusus ke area hidung. Ada sejumlah jenis filler yang bisa kita gunakan yakni filler sintetis, filler sementara, semi permanen, bahkan filler permanen.

  • Rhinoplasty

Prosedur bedah yang satu ini sering berfungsi dalam mengatasi masalah bentuk hidung. Sehingga termasuk juga sebagai cara memancungkan hidung. Pun demikian, prosedur rhinoplasty secara umum terbagi atas 2 yakni rhinopasty fungsional serta rhinoplasty kosmetik.

Rhinopasty fungsional berfungsi untuk merapikan struktur hidung yang mengganggu sedangkan rhinopasty kosmetik berfungsi untuk mempercantik bentuk hidung. Cara pembedahannya, prosedur ini akan melalui pemotongan kulit pada area hidung atau membuat sayatan kecil dalam lubang hidung. Jika anda melakukan bedah ini biasanya dapat membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3,5 jam. Untuk pemulihannya sendiri, pasien membutuhkan waktu minimal 2 minggu.

Meskipun ada beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk mendapatkan hidung yang ideal dan mancung namun jangan pernah sembarangan untuk melakukannya. Pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan. Agar anda terhindar dari resiko berbahaya.