Cara Membersihkan Kamera Agar Bebas Debu dan Kotoran

Cara Membersihkan Kamera

PrimaDaily – Cara membersihkan kamera agar bebas dari debu dan kotoran juga perlu anda ketahui. Jika sebelumnya anda belum pernah membersihkan kamera. Ada baiknya membawa ke tempat service agar ahlinya yang menanganinya.

Namun jika anda ingin menghemat budget sekaligus bereksperimen, anda bisa mencoba membersihkan kamera sendiri.

Berikut Cara Membersihkan Kamera Agar Bebas Debu dan Kotoran

Kumpulkan alat-alatnya terlebih dahulu

Alat-alat tersebut adalah blower berbahan karet untuk memompa udara dan membersihkan debu serta kotoran yang ada dalam lensa.

Kain berbahan mikrofiber untuk membersihkan permukaan kaca pada lensa kamera. Jangan memakai kain lain karena akan berisiko merusak dan menggores lensa.

Dan tentu saja anda memerlukan cairan pembersih lensa. Perlu anda ingat, jangan menyemprotkan cairan ini langsung ke permukaan lensa. Semprotkan dulu ke tisu atau lembaran kain, lalu usap permukaan lensa dengan kain.

Gunakan blower untuk membersihkan lensa lebih dulu

Gunakan blower untuk membersihkan partikel debu dan kotoran yang ada pada permukaan lensa. Pompa blower dengan satu tangan, sementara tangan lainnya memegang kamera.

Apabila masih ada partikel debu dan kotoran pada lensa, semprotkan cairan pembersih lensa ke kain mikrofiber, lalu usap permukaan lensa secara perlahan. Anda juga bisa memakai tisu bebas abrasif dan tanpa serat lalu usap dengan lembut agar lensa tidak tergores.

Pasang UV filter untuk melindungi lensa

UV filter punya peran ganda, yakni untuk menghalangi sinar ultraviolet sekaligus melindungi lensa dari risiko debu, kotoran, sidik jari, air dan pecah. Kalau suatu saat UV filter anda rusak, ganti dengan UV filter yang baru.

Bersihkan sensor

Sensor tidak perlu anda bersihkan terus-menerus, kecuali anda sering menggonta-ganti lensa. Sering berganti lensa berarti meningkatkan risiko debu dan kotoran masuk ke sensor melalui udara.

Apabila sensor terlalu kotor, maka akan berpengaruh ke hasil foto. Pertama-tama, letakkan bodi kamera pada tempat yang datar dengan pencahayaan yang terang.

Lalu, dalam kondisi menyala, atur kamera ke mode pembersihan. Tujuannya agar cermin depan sensor terangkat dan mengunci pada posisi terbuka.

Sehingga, anda memiliki akses untuk membersihkan sensor. Pengaturan ini berbeda pada tiap kamera.

Gunakan swab untuk membersihkan sensor

Sebelum membersihkan sensor, pastikan kamera dalam kondisi terisi penuh dan sudah diisi daya sebelumnya. Lalu, gunakan bulb blower untuk menghilangkan partikel kotoran yang ada di sensor.

Bisa juga memakai alat bernama swab untuk membersihkan sensor. Setelah selesai, matikan kamera untuk menurunkan cermin, tutur laman CNet.

Jangan lupa membersihkan bagian viewfinder

Sebagian orang luput membersihkan bagian viewfinder. Padahal, viewfinder kotor karena debu, kotoran, minyak dari wajah dan sel kulit mati manusia, jelas laman How to Clean Things.

Seperti biasa, teteskan cairan pembersih ke kain mikrofiber, lalu usap dengan lembut dan perlahan. Opsi lain, anda juga bisa memakai cotton bud.

Jangan lupa membersihkan bagian bodi kamera

Last one, jangan lupa membersihkan bagian bodi kamera. Bagian bodi adalah yang paling kotor dan dipenuhi oleh sidik jari kita.

Apalagi, jika wajah kita bersentuhan dengan bodi, membuat minyak dan sel kulit mati dari wajah menempel, khususnya di bagian layar. Anda bisa memakai lens cleaning pen untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Jika ragu, serahkan kamera ke ahlinya

Jika anda merasa belum kompeten dan tidak siap membersihkan kamera sendiri dengan segala konsekuensinya, bawa kamera ke tempat pembersihan kamera profesional.

Meski harganya lebih mahal daripada membersihkan sendiri, tapi setidaknya kamera anda berada di tangan yang aman.