Tips Agar Tak Menjadi Korban Para Hacker Saat Bekerja Di Rumah

korban para hacker

PrimaDaily – Saat anda memutuskan untuk membawa pulang pekerjaan anda ke rumah, apakah anda mengetahui bahwa sesungguhnya kita bisa saja menjadi korban para hacker?

Beberapa kali pakar mengingatkan bahwa ada bahaya serangan hacker yang hendak mencuri informasi serta data-data, saat anda bekerja di rumah. Hal ini akan dimanfaatkan supaya mereka bisa menyusup masuk ke dalam jaringan perusahaan.

“Sebenarnya bukan hanya malware, tapi juga menghindari hacker yang ingin mencuri data dan informasi lewat jaringan koneksi online,” jelas keamanan cyber dari CISSRec, Pratama Persadha saat dihubungi senin kemarin (16/03/2020).

Pratama menyarankan agar mengedukasi tentang keamanan siber ini. Bisa dimulai melalui cara mengamankan akun medsos, email, bahkan jaringan wifi di rumah.

Berikut sejumlah tips yang dapat anda terapkan agar tak menjadi korban para hacker.

  • Reset password wifi di rumah anda

Khususnya pada pegawai, saat hendak melanjutkan pekerjaan kantornya di rumah, sebaiknya melakukan reset (pergantian) password terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah kebocoran data bagi para hacker yang berusaha masuk.

  • Cloud

Lebih bagus menggunakan cloud dari pada menggunakan flashdisk saat memindahkan keperluan data. Lagi pula penggunaan cloud untuk skala kecil sangat mudah dipelajari dan gratis. Jika ingin mengetahui cloud lokal tanah air, anda bisa memakai mycloud serta dropbox.

  • Jangan gunakan wifi publik

Misalnya rumah anda berdekatan dengan sebuah toko atau kafe yang mereka buat wifi secara gratis untuk menarik perhatian pelanggan. Alangkah baiknya jangan gunakan wifi tersebut. Sebab saat anda mengakses sistem kantor (termasuk pemerintahan), bisa-bisa hacker (peretas) dapat memantau anda.

  • Pakailah Anti Virus

Keamanan adalah hal yang paling utama untuk dilakukan. Untuk itu setiap sistem OS yang anda pakai diperangkat anda sekarang ini haruslah melengkapinya dengan anti virus atau bisa juga dengan mode penggunaan VPN.

COBA LIHAT LAINNYAApple Menolak Aplikasi Masuk ke App Store Terkait Virus Corona