Tips Snorkeling Bagi Pemula Untuk Anda Ketahui

tips snorkeling bagi pemula

PrimaDaily – Saat hendak snorkeling, berbagai panduan dan persiapan harus diketahui, termasuk tips snorkeling, apalagi bagi pemula. Pengertian snorkeling atau selam permukaan yaitu suatu kegiatan menyelam ke dasar laut dengan alat bantu gerak berupa kaki katak. Snorkeling bisa dikategorikan sebagai rekreasi keren.

Disarankan ketika snorkeling, posisi kepala menunduk atau jangan melihat ke depan. Gunanya agar tubuh tetap stabil saat mengapung. Lentangkan badan anda.

Di bawah permukaan laut anda akan bisa melihat berbagai biota laut yang sangat indah seperti ikan-ikan hias dan terumbu karang. Apalagi di jaman yang semakin modern ini, kamera juga sudah bisa kita bawa saat berenang, hanya dengan melapisinya dengan waterproof saja. Suasana bawah laut yang sangat menyenangkan bisa kita abadikan. Tak heran bila snorkeling termasuk ke dalam satu daftar kegiatan kekinian yang dilakukan kawula muda.

Namun, saat anda bersnorkeling sebaiknya pahami dulu apa yang menjadi prosedur dan resikonya. Perhatikan juga kesehatan dan kesediaan badan anda. Jangan snorkeling sendiri. Bila anda masih pemula, mintalah bantuan guide atau lakukan snorkel bersama dengan teman-teman anda yang sudah pernah sebelumnya. Hal ini bertujuan ketika hal-hal yang tidak diiginkan terjadi, anda segera mendapat pertolongan.

Tips Snorkeling Bagi Pemula

Tips snorkeling bagi pemula, antara lain:

baca juga : Perlengkapan Saat Naik Gunung, Pemula Harus Tau!

  • Pahami perlatan dan cara penggunaannya

Peralatan snorkeling yaitu:

– masker yang berfungsi untuk menutup area hidung dan menjaga air agar tidak mengenai wajah

– snorkel yang berfungsi sebagai selang dan melindungi mulut

– kaki katak (fin) supaya daya dorongmu di dalam air menjadi lebih kuat

– baju renang yang membuat anda nyaman saat menyelam

– pelampung sebagai pelindung diri

– handuk yang berfungsi untuk mengeringkan badan setelah snorkeling

– dry bag sebagai penyimpanan barang-barang snorkeling

Untuk cara penggunaannya, anda bisa menanyakan langsung kepada pemandu anda. Atau boleh juga lihat di internet.

  • Snorkeling bersama atau dengan tour guide

Bagi pemula, ini memang hal yang pantas diperhatikan. Karena bilamana anda sedang butuh bantuan, anda cepat mendapat pertolongan.

  • Usahakan snorkeling pertama anda berjarak dekat saja dulu

Pilihlah pantai dengan kedalaman bawah laut yang cukup dangkal. Karena jika anda keasyikan sendiri dan menyelam ke tempat yang lebih jauh dapat menimbulkan bahaya.

  • Latihan pernafasan dengan alat snorkel

Lakukan latihan pernafasan dengan alat snorkel sebelum anda turun ke laut. Supaya anda nyaman saat berenang dan menyelam.

  • Nyamankan tubuh anda saat menyentuh air

Bernafaslah lewat mulut kemudian gerakkan kaki dengan gaya bebas. Jangan dikit-dikit panik. Karena itu akan membuang-buang tenaga.

  • Tetap perhatikan kondisi sekitar

Jangan terlalu heboh dan asyik sendiri. Lihat kemana arah teman anda pergi. Usahakan untuk selalu kompak kemanapun arahnya saat berada di dasar laut.

  • Pahami tentang masker dan snorkel clearing

Saat memasang masker, jangan ada rambut atau benda kecil yang menempel di area wajah. Kadang-kadang, air juga ikut merembes masuk ke dalam masker. Untuk itu tak perlu repot-repot membersihkannya atau naik ke atas permukaan. Caranya adalah dengan menarik nafas panjang melalui mulut, lalu hembuskan sekuat mungkin melalui hidung.

Jika air yang masuk ke dalam saluran snorkel, maka yang anda lakukan adalah hembuskan nafas sekencang mungkin melalui mulut.

  • Jangan merusak biota laut

Terumbu karang tumbuh dengan proses waktu yang sangat lama, jadi usahakan agar kaki anda tidak menendang terumbu karang. Begitupun dengan ikan-ikan yang ada di dasar laut, jangan pernah untuk menangkapnya lalu membawa ke atas permukaan. Nikmati saja agar kelestarian di bawah laut tetap terjaga.