Wajib Diketahui, 4 Bahaya Buruk Tidur Pagi Bagi Kesehatan

Tidur Pagi Hari Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

PrimaDaily– Tidur pada pagi hari bisa membuat bahaya bagi kesehatan Anda. Ada beberapa efek buruk yang akan terjadi pada tubuh bila hal itu dilakukan.

Apalagi, sekarang ini banyak orang yang bekerja sampai larut malam dan beristirahat di pagi hari. Walaupun begitu, jika sering dilakukan dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Perlu diketahui, tidur sebelum jam 11 pagi akan membuat masalah pada kesehatan.

Ada 4 bahaya buruk tidur pagi bagi kesehatan yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Depresi

Orang-orang yang sering bergandang, dan mengganti tidurnya pada pagi hari akan sangat rentan terkena depresi atau gangguan kesehatan mental.  Selain itu, rasa ngantuk yang berlebihan pada pagi hari maupun siang hari akan mengganggu aktivitras sehari-hari.

Bagi Anda yang sering tidur di pagi hari, sebaiknya tinggalkan gaya hidup yang tidak sehat ini. Anda juga harus mempertahankan pola tidur yang teratur, tidak minum alkohol, atau pun mengonsumsi obat-obatan yang membuat Anda mengantuk.

Selain itu, Anda juga bisa menceritakan masalah yang terjadi pada keluarga, teman, dan rekan kerja yang bisa memberikan solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah.

Kemudian, Anda juga dapat berolahraga secara teratur serta membersihakan dan merapikan kamar, sehingga terciptalah suasana yang nyaman di kamar tidur.

2. Mengalami Gangguan Metabolisme yang Berisiko Terkena Diabetes dan Obesitas

Pagi hari merupakan waktu untuk tubuh mendapatkan sumber energi, yaitu melalui sarapan. Apabila kamu tidur di pagi hari dan melewatkan sarapan, hal ini akan mempengaruhi berat badanmu.

Bila berat badanmun naik secara signifikan, bisa memperbesar terkena obesitas. Orang yang tidur kurang dari 7 atau 8 jam pada malam hari, memiliki risiko obesitas yang tinggi.

Kebiasaan tidur pagi hari dapat mengagnggu sistem metabolisme pada tubuh. Gangguan metabolisme ini bisa memicu meningkatnya tekena diabetes.

Hal itu disebabkan, karena tubuh sulit mengendalikan kadar gula darah yang dikarenakan kacaunya sistem metabolisme, sehingga pada akhirnya akan terjadi diabetes.

3. Lesu Seharian dan Anemia

Tidur di pagi hari juga membuat Anda merasakan lesu seharian. Hal ini disebabkan karena kacaunya sistem metabolisme. Tidur pagi tidak hanya membuat Anda lesu, tetapi tidur pagi juga menyebabkan datangnya anemia. Karena fungi otak dan fungsi pencernaan Anda akan terganggu bila tidur pada pagi hari dan waktu tidur pada malam hari tidak cukup.

4. Sakit Kepala

Akibat dari tidur pagi adalah Anda akan merasakan sakit kepala yang disebabkan karena kacaunya pola tidur. Sehingga pada saat bangun dari tidur pagi atau tidur terlalu lama, Anda akan merasakan pusing atau sakit pada kepala. Hal itu dikarenakan adanya cairan yang terus mengalir di otak akibat tidur pagi atau tidur terlalu lama.