Manfaat Berkumur dengan Larutan Air Garam

Berkumur dengan air garam

PrimaDaily – Salah satu manfaat berkumur dengan larutan air garam adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Meski peran natrium klorida kerap dijadikan sebagai pelengkap dan penambah cita rasa makanan, butiran asin ini bisa digunakan sebagai senjata dalam menjaga kesehatan bagian mulut.

Jaman dahulu, orang-orang belum mengenal sikat gigi terlebih dengan pasta gigi. Namun bukan berarti kebersihan mulut tidak dijaga. Maka berkumur dengan larutan air garam sudah menjadi tradisi bagi bangsa Romawi dan bangsa Yunani Kuno sejak 5000 tahun SM.

Sebuah buku berjudul The Way of Ayurvedic Herbs mengatakan bahwa larutan asin juga digunakan orang-orang India dan Tiongkok jaman dulu untuk membersihkan mulut mereka. Hal ini dipercaya karena secara alami, natrium klorida bersifat osmosis yang mampu bekerja menyerap cairan pada sel atau jaringan.

Berikut manfaat berkumur dengan larutan air garam:

Meredakan rasa nyeri pada gigi

Meredakan rasa nyeri pada gigi adalah hal yang sangat praktis untuk dilakukan demi mengurangi rasa sakit di bagian gigi. Sebab anda tidak bisa langsung berobat ke dokter gigi bila gigi masih berednyut-denyut. Dokter baru akan bisa mengobatinya bila gigi tidak terasa nyut-nyutan lagi.

Meringankan gusi

Sakit gusi akibat gingivitis. Kondisinya ditandai dengan pembengkakan gusi hingga berdarah dan meradang. Sebaiknya berkumur setiap hari supaya mengobati gusi yang meradang.

Mengusir bau mulut

Istilah lain dari bau mulut yaitu halitosis yang mana hal ini bisa disebabkan oleh makanan tertentu. Maka dengan berkumur larutan garam, bakteri penyebab bau mulut dapat dinetralisir. Garam akan mengubah pH mulut yang dapat menghambat produksi mikroorganisme bakteri penyebab bau nafas.

Mengatasi radang tenggorokan

Khasiat selanjutnya yang bisa didapatkan dengan berkumur air garam hangat adalah mengatasi sakit akibat radang tenggorokan. Sejumlah masalah lain seperti laringitis dan masalah tenggorokan lainnya juga efektif diatasi dengan bantuan kumur-kumur dengan larutan asin.

Melegakan hidung tersumbat

Berkumur dengan air asin juga bermafaat dalam melegakan hidung tersumbat akibat flu. Namun bukan hanya plilek saja, hidung tersumbat akibat gejala bronkitis dan reaksi alergi juga dapat dikurangi dengan cara ini. Selain itu akan membunuh bakteri penyebab infeksi sinus. Lendir yang menumpuk pada hidung bisa dicairkan dengan larutan air garam.

Mengatasi masalah lidah

Pernahkah anda melihat lidah dilapisi dengan plak putih? Hal ini dikarenakan tidak rajin membersihkannya. Anda bisa membersihkannya dengan cara berkumur air garam. Bukan hanya itu saja, luka bakar pada lidah juga bisa diatasi dengan kumur-kumur air garam.