Ciri-ciri Seorang Psikopat yang Bisa Diamati di Lingkungan Sekitar

Ciri-ciri Psikopat yang Bisa Anda Amati

PrimaDaily – Ciri-ciri seorang psikopat biasanya tidak bisa membedakan mana yang benar dan sebaliknya. Sehingga banyak diantara mereka yang gampang saja melakukan hal yang tidak bermoral. Bahkan nekat melakukan tindakan kriminal tanpa ada rasa penyesalan maupun rasa bersalah. Namun meski demikian tak semua pula psikopat adalah pembunuh berdarah dingin.

Psikopat adalah seseorang yang manipulatif serta mudah untuk mendapatkan kepercayaan orang lain yang berada dekat dengannya. Untuk mencapai tujuannya mereka bahkan meniru emosi yang sebenarnya tidak mereka rasakan. Mereka bertindak juga tampak seperti orang normal biasanya.

Bagi anda yang penasaran akan bagaimana ciri-ciri seorang psikopat, simaklah penjelasan berikut ini.

Ciri-ciri Seorang Psikopat Melihat dari Kesan Pertama

Munculnya sosok psikopat memang sebuah hal yang sangat mengerikan bagi khalayak. Namun kehadiran mereka tidak begitu bisa kita ketahui. Hal ini karena karakter mereka yang sulit untuk terdetaksi. Seorang ahli kriminalitas menjelaskan beberapa kesan akan sosok psikopat.

  • Kesan Pertama

Pada kesan pertama, sosok psikopat umumnya muncul dengan ciri yang menawan, ramah, senang bersosialiasi, bahkan bisa sangat peduli terhadap orang lain. Mereka juga tampak logis serta masuk akal. Selain itu mereka juga mampu memberikan penjelasan akurat hingga memberi tanggapan yang sesuai bahwa ada konsekuensi bagi para pelanggar hukum maupun orang yang anti sosial.

  • Gejala Umum

Untuk gejala umumnya, psikopat tidak menunjukkan gejala-gejala umum perilaku neurotik, termasuk histeria, cemas, gelisah, sakit kepala, maupun kelelahan yang ekstrim. Sementara itu jika psikopat berhadapan dengan situasi yang membuat orang lain kesal maka psikopat justru terkesima.

Namun seorang profesor emiritus psikologi dari University of British Columbia menciptakan daftar karakteristik dan ciri-ciri psikopat untuk menentukan seberapa lama orang tersebut akan tinggal di sel tahanan. Karakteristik dan ciri-ciri tersebut antara lain:

1. Tampil memesona dan pandai berbicara

2. Sombong dan juga memiliki arogansi yang tinggi

3. Senang terhadap perilaku anti sosial yang membahayakan

4. Tak tahan rasa bosan

5. Kurang memiliki rasa bersalah maupun rasa penyesalan

6. Gaya hidup parasit

7. Kurang bisa mengontrol perilakunya sendiri

8. Tidak mampu untuk mencintai

9. Mempunyai perilaku seksual yang tidak menentu