Jidat Sering Tumbuh Jerawat? Ini Penyebabnya!

Jidat Tumbuh Jerawat

Primadaily– Penyebab jidat atau dahi yang sering tumbuh jerawat adalah pola makan dan hormon. Selain itu, rambut juga menjadi penyebabnya. Jerawat yang tumbuh benar-benar mengganggu penampilan sehari-hari, sehingga membuat rasa percaya diri hilang.

Jerawat yang tumbuh di jidat atau dahi cukup banyak penyebabnya. Mulai dari perubahan hormon setelah pubertas, minyak yang berlebihan pada wajah, dan pola makan yang salah. Berikut ini penjelasan dari penyebab jerawat tumbuh di jidat:

Penyebab jerawat tumbuh di jidat

1. Sering menyentuh wajah

Tangan yang kotor tentu menyimpan banyak kuman, sehingga menimbulkan infeksi pada kulit yang mampu menyebabkan jerawat pada wajah. Kebiasaan menyentuh wajah dan dahi dengan tang yang kotor akan menimbulkan jerawat pada dahi.

2. Penggunaan produk kosmetik

Jika menggunakan produk kosmetik yang sembarang, bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Produk kosmetik yang memilki kandungan minyak atau bahan kimia tertentu, juga bisa menyebakan tersumbatnya pori-pori yang memicu munculnya jerawat.

3. Penggunaan minyak rambut

Penggunaan minyak rambut juga bisa memicu tumbuh jerawat pada dahi. hal itu karena, sebagian berasa produk minyak rambut mengandung minyak kelapa yang bisa membuat kulit kepala dan dahi berminyak dan mudah berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat di jidat

Setelah kita mengetahui penyebab yang memicu tumbuh jerawat, kita bisa menghindarinya dan juga bisa melakukan beberapa perawatan untuk menghilangkan jerawat di dahi, yaitu:

1. Menggunakan bahan alami

Menggunakan bahan alami yang bisa membantu mengatasi jerawat di dahi. Salah satu bahannya yaitu: madu dan kayu manis. Kedua bahan tersebut diyakini mampu mengatasi jerawat di dahi karena memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

3. Mengonsumsi obat oral

Selain itu, hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengonsumsi obat oral atau minum, seperti obat antibiotik, antiradang, dan retionid atau vitamin A. Namun, obat yang dikonsumsi harus berdasarkan anjuran dari dokter.

4. Melakukan prosedur perawatan

Melakukan tindakan medis bisa dilakukan untuk atasi jerawat di dahi. Di antaranya adalah ekstraksi komedo, chemical peeling, terapi sinar, injeksi kortikosteroid pada jerawat, dan mikrodermabrasi wajah.

Agar jerawat tidak  bertambah parah, lakukan perawatan dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.