Manfaat Bawang Putih untuk Perawatan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

PrimaDaily – Bawang putih memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan, ternyata tidak hanya untuk bahan makanan saja. Banyak orang yang menggunakan bawang putih sebagai bahan makanan atau bumbu dapur.

Bawang putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan, mulai dari menyehatkan jantung hingga menurunkan tekanan darah. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Berikut Manfaat Bawang Putih untuk Perawatan Kecantikan

Mengatasi jerawat

Jerawat muncul pada wajah penyebabnya adalah kotoran dan bakteri. Dalam bawang putih terkandung senaywa aktif yang bernama allicin yang bersifat anti bakteri.

Keberadaan allicin ini membantu membunuh bakteri penyebab jerawat makin parah. Cara menggunakannya adalah dengan membuat jus bawang putih. Haluskan beberapa siung bawang putih tanpa tambahan air.

Campuran kental itu kemudian anda oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Lalu biarkan sampai beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Memperkecil pori-pori kulit wajah

Selain kandungan senyawa anti bakterinya, bawang putih juga membantu mengatasi jerawat dengan memperkecil pori-pori kulit wajah.

Sama seperti mengobati jerawat, untuk mendapatkan pori kulit yang lebih rapat bisa dengan mengoleskan masker jus bawang putih. Pori wajah yang mengecil bikin kulit terlihat lebih halus dan gak gampang berjerawat.

Meredakan peradangan kulit

Allicin dalam bawang putih juga bersifat anti inflamasi atau mampu membantu redakan peradangan. Jika anda gunakan pada tubuh bagian luar, bawang putih bisa mengatasi beberapa dampak peradangan kulit.

Contohnya bekas gatal, bercak kemerahan, atau ruam akibat benturan. Cara penggunaannya pun mudah, cukup dengan memotong satu siung bawang putih berukuran besar lalu usap-usapkan ke bagian kulit yang terkena peradangan.

Mencegah penuaan dini

Bawang putih juga mengandung senyawa aktif yang bersifat antioksidan. Penggunaan secara rutin mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari yang membuat wajah menjadi kusam dan tampak tua.

Anda juga  bisa mendapat khasiat bawang putih dengan mengonsumsinya langsung. Caranya bisa anda cmpurkan dengan madu atau susu agar lebih nyaman saat anda konsumsi.

Menyamarkan kerutan pada wajah

Perawatan kecantikan dengan manfaat bawang putih baik dari luar maupun dalam, menghasilkan kulit yang lebih sehat terawat. Pori-pori mengecil, kulit jadi makin halus dan kencang, serta bebas jerawat.