Kesalahan yang Mesti Dihindari Supaya Laptop Tidak Cepat Rusak

laptop cepat rusak

PrimaDaily – Sadarkah anda bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat laptop menjadi cepat rusak? Tentu hal ini menjadi sebuah kewaspadaan bagi anda yang memiliki laptop.

Sama seperti barang elektronik lainnya, laptop sejatinya memiliki masa pakai yang terbatas. Nah ketika anda tidak merawat laptop dengan benar atau menggunakannya secara sembarangan maka masa pakainya bisa menjadi lebih cepat. Karena laptop yang tidak terawat dapat mengurangi fungsi kinerjanya. Berikut ada beberapa kesalahan yang perlu anda hindari supaya laptop tidak cepat rusak.

  • Tidak Mematikan Laptop dengan Benar

Kesalahan ini sangat umum dilakukan. Padahal tidak mematikan laptop dengan benar sebenarnya sama saja mempercepat daya tahan pemakaian laptop. Adapun masalah yang bisa timbul akibat hal ini yaitu baterai laptop bisa menjadi lebih boros atau speaker menjadi bermasalah. Untuk itu pastikan saja anda selalu mematikan laptop sengan benar setelah berhenti menggunakannya. Jangan langsung tutup laptop karena laptop juga perlu istirahat dengan layak.

  • Menaru Laptop Pada Tas yang Longgar

Sebagian orang sering menaruh atau menyimpan laptop pada tas biasa dan tidak menaruhnya pada tas laptop khusus. Padahal tas laptop sudah terdesain secara khusus dan bahkan memiliki pengaman berupa vlecro. Itu sebabnya kebiasaan sepele yang satu ini nyatanya dapat memengaruhi masa pakai laptop. Atau dengan kata lain kebiasaan seperti ini bisa memiliki resiko semakin besar terhadap laptop ketika terbentur benda sekitarnya.

  • Mengangkat Laptop dari Layarnya

Kesalahan berikut yang juga sering terjadi yaitu pemilik laptop mengangkat hanya dari layarnya saja saat dalam keadaan terbuka. Ini tentu cara yang buruk untuk perawatan sebuah laptop. Adapun dampak yang bisa timbul akibat perilaku ini dapat memengaruhi hardware laptop. Sekrup lama-lama jadi longgar dan akhirnya membuat layar laptop menjadi lepas.

  • Kebiasaan Memangku Laptop

Ada banyak sekali orang yang sering memangku laptop saat sedang menggunakannya. Namun ternyata itu adalah sebuah kesalahan. Mengapa? Karena memangku laptop dapat menyebabkan overheating. Kulit atau pakaian yang terkena bagian bawah laptop akan menghalangi aliran udara untuk keluar masuk.