Ini Pola Makan yang Sehat untuk Mencegah Jerawat

pola makan sehat mencegah jerawat

PrimaDaily – Beberapa pola makan yang sehat ini bisa anda terapkan untuk mencegah jerawat anda muncul. Jerawat sendiri merupakan salah satu masalah kulit yang adanya benjolan, biasanya berwarna agak merah.

Benjolan ini bisa muncul dimana saja seperti di wajah, leher, punggung, atau bahu. Pemixunya bisa karena hormonal tubuh bagi remaja yang mengalami masa pubertas.

Selain menjaga kebersihan wajah dengan baik, salah satu cara untuk mencegah jerawat adalah menerapkan pola makan sehat. Ini alasan mengapa pola makan mampu memengaruhi kondisi kulit  anda.

Makanan tertentu meningkatkan gula darah lebih cepat. Saat gula darah naik dengan cepat, tubuh akan melepaskan hormon yang yaitu insulin.

Yang jika berlebih dalam darah dapat memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Beberapa makanan yang memicu lonjakan insulin meliputi pasta, nasi putih, roti putih, dan gula. Karena efek produksi insulinnya, makanan ini dianggap sebagai karbohidrat “glikemik tinggi”.

Cokelat juga dapat memperburuk jerawat, tetapi tampaknya tidak semua orang dapat merasakan efek ini.

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, makanan yang tinggi karbohidrat, produk susu, lemak jenuh, dan lemak trans juga merangsang produksi hormon yang dapat memicu produksi minyak berlebih.

Berikut Pola Makan yang Sehat untuk Mencegah Jerawat

Karbohidrat kompleks bisa anda temukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan dan buah dan sayuran yang belum terolah. Makanan yang mengandung seng, vitamin A, vitamin E, dan antioksidan juga dianggap banyak yang menganggap memiliki manfaat bagi kulit karena mengurangi peradangan. Contoh makanan yang mengandung semua bahan-bahan tersebut adalah:

  • Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning dan oranye seperti wortel, aprikot, dan ubi jalar.
  • Bayam dan sayuran berdaun hijau tua.
  • Tomat.
  • Blueberry.
  • Roti gandum.
  • Beras merah.
  • Biji gandum.
  • Biji labu
  • Kacang-kacangan, kacang polong, dan lentil.
  • Salmon, mackerel, dan jenis ikan berlemak lainnya.

Namun perlu anda ketahui, setiap tubuh memberikan reaksi yang berbeda-beda pada setiap apa yang masuk ke dalam tubuh. Yang mana ada beberapa makanan yang ampuh mengatasi jerawat ada pula yang tidak. Untuk itu, jika menurut anda kondisi jerawat anda cukup paraj, ada baiknya konsultasi ke dokter kulit atau ke dokter kecantikan.