Sudah Tahu? Ini 6 Penyebab Noda Hitam di Wajah

PrimaDaily – Ketika anda sudah tidak nyaman dengan kehadiran noda hitam di wajah maka anda perlu mencari tahu penyebabnya. Sebab memiliki wajah mulus dan bening adalah dambaan setiap insan.

Noda hitam atau yang biasa disebut juga dengan flek hitam biasanya menampilkan bintik-bintik berwarna gelap dan kecil di permukaan kulit. Meski dapat membuat orang kurang nyaman tetapi noda hitam ini adalah kondisi yang wajar terjadi kepada setiap orang.

Lantas apa saja yang mempengaruhi timbulnya flek hitam? Untuk mencari tahu jawabannya, simaklah rangkuman informasi berikut ini.

  1. Sering Terpapar Sinar Matahari

Banyak kegiatan yang mengharuskan kita terkena sinar matahari. Tapi paparan sinar matahari berlebih ternyata dapat menjadi penyebab timbulnya noda hitam di wajah. Melansir dari Popbela, wajah yang terekspos sinar matahari secara terus menerus bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk itu pastikan bahwa anda selalu menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah, terutama saat matahari sedang terik.

  1. Peningkatan Produksi Melanin Pada Kulit

Melansir dari Alodokter, flek hitam juga bisa muncul karena peningkatan produksi melanin pada kulit terutama setelah terpapar sinar ultraviolet. Semakin banyak melanin pada kulit maka semakin gelap kulit orang tersebut. Sehingga akan tampak seperti bintik-bintik. Melanin sendiri merupakan pigmen alami dari tubuh manusia yang menentukan warna kulit seseorang.

  1. Faktor Genetik

Faktor genetik juga turut sebagai penyebabnya. Noda hitam yang timbul pada wajah seseorang akibat faktor genetik juga cenderung rentan terhadap penyakit, seperti melisma. Jadi cobalah ingat-ingat kembali apakah anda memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi serupa.

  1. Bekas Jerawat yang Sulit Hilang

Bekas jerawat sering menjadi masalah bagi sebagian besar wanita. Pasalnya bekas jerawat tersebut tampak seperti jejak hitam yang tentunya mengganggu penampilan. Namun anda jangan khawatir, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan krim yang mengandung hydroquinone, vitamin C, ataupun kojic acid.

Langkah pencegahan juga bisa anda lakukan dengan tidak memencet jerawat supaya tidak meninggalkan bekas yang menganggu.

Baca Juga: Tips Mencegah Jerawat Akibat Sering Memakai Masker