3 Cara Yang Tepat Untuk Memulai Flossing Gigi

Cara Yang Tepat Flossing Gigi

PrimaDaily – Agar gigi bersih dan sehat perlu dilakukan Flossing dengan cara yang tepat. Flossing adalah metode membersihkan gigi menggunakan sepotong benang tipis yang disisipkan di antara gigi-gigi satu per satu.

Tali yang digunakan ini bukan sembarang tali, melainkan dibuat lembut dan khusus untuk gigi sehingga bisa menyapu ke atas dan ke bawah di setiap permukaan gigi. Gerakan flossing ini diarahkan untuk memindahkan partikel kotoran dan makanan yang tersisa di gigi ke arah luar.

berikut 3 Cara yang tepat untuk memulai flossing gigi :

1. Memilih floss yang benar

Biasanya, dental floss terbuat dari benang nilon atau teflon. Keduanya dinilai cukup efektif untuk membersihkan ruang antar gigi. Namun, untuk Anda yang memiliki jarak yang cukup besar antara gigi satu dengan yang lainnya, biasanya lebih cocok menggunakan flossing yang lebar dan datar.

Jika gigi Anda rapat, flossing dengan benang yang tipis cenderung lebih aman untuk menghidarkan Anda dari kerusakan gigi.

2. Tidak perlu terkejut ketika gusi berdarah

Anda tidak perlu khawatir karena perdarahan gusi mungkin menandakan bahwa gusi Anda mengalami peradangan akibat plak yang menumpuk. Maka itu, flossing diperlukan untuk menghilangkan plak tersebut.

Namun, jika gusi tidak berhenti berdarah, segeralah mencari pertolongan medis terdekat.

3. Menggunakan pegangan benang

Cobalah mengikatkan dental floss pada tusuk gigi. Dengan begitu, Anda bisa membersihkan gigi dengan lebih mudah dan bisa menjangkau seluruh bagian gigi.

Melewatkan satu langkah tersebut ternyata bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Oleh karena itu, flossing menjadi salah satu upaya agar kesehatan gigi Anda tetap terjaga.