5 Kebiasaan ini Wajib Dilakukan untuk Mencegah Stroke Sejak Dini

5 Kebiasaan ini Wajib Dilakukan untuk Mencegah Storke Sejak Dini

PrimaDaily– Penyakit stroke bukan hanya terjadi pada usia lansia. Tetapi generasi milenial juga rentan terkena stroke. Maka untuk mencegah stroke sejak dini bisa diawali dengan kebiasaan yang sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makan makanan yang sehat.

Resiko stroke bisa disebabkan berberapa faktor yang lekat dengan pola hidup masa kini. Seperti makan makanan yang tidak sehat, kurang gerak, dan jarang melakukan medikal check up.

Untuk mencegah resiko stroke, ada 5 kebiasaan yang bisa dilakukan mulai dari sekarang. Berikut ini 5 kebiasaan yang perlu dilakukan dalam mencegah resiko stroke sejak dini:

1. Tidak merokok

Kebiasaan merokok dapat membuat darah lebih kental sehingga dapat menyebabkan penimbunan plak di dalam pembuluh darah. Akhirnya membuat aliran darah dan oksigen ke otak terhambat, dan terjadilah stroke.

Untuk mencegah resiko stroke, sebaiknya Anda tidak merokok agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

2. Banyak bergerak dan olahraga

Jika Anda banyak melakukan gerak dan olahraga, tentu tingkat kolesterol dan tekanan darah akan menurun. Telah diketahui bahwa terjadinya strokre disebabkan kolesterol dan darah yang tinggi dari dalam tubuh. Cara mudah untuk menjaga stroke adalah dengan melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda, dan naik turun tangga.

3. Banyak makan sayur

Kebiasaan makan sayur juga bisa mengurangi risiko berbagai macam penyakit, seperti stroke, diabetes, obesitas, kolesterol, dan hipertensi.

Jika Anda tidak suka makan sayur, sebaiknya mulai dari sekarang sukailah makan sayur. Kandungan vitamin dalam sayur sangat banyak dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mulai sekarang, kurangi makan makanan kekinian yang memiliki kandungan lemak, kolesterol, dan garam yang tinggi. Yuk mulai rajin makan sayur.

4. Jaga berat badan

Untuk mencegahnya terjadi stroke, jagalah berat badan yang ideal dan sesuai dengan diri masing-masing. Jangan lupa makan makanan yang sehat dan rajin olahraga.

5. Rutin mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan terjadinya risiko stroke. Agar Anda bisa terhindar dari penyakit ini, maka kurangi asupan garam, lemak, dan rutin kontrol tekanan darah ke dokter.

Akan lebih bagus lagi, jika Anda rutin melakukan medical check up agar kondisi tubuh Anda bisa diketahui secara jelas.