Mengenal Sosok Colonel Sanders (Pendiri KFC)

Colonel Sanders Pendiri KFC

PrimaDaily – Mengenal sosok Colonel Sanders, si pendiri KFC. Ada di seluruh dunia, enak dan gurih serta disukai berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa, tempatnya nyaman bercorak merah, dan bisa diorder secara online.

Apa lagi kalau bukan Kentucky Fried Chicken atau yang lebih akrab disebut KFC. Sebagian orang di seluruh dunia cenderung memakan ini secara rutin karena rasa dan perpaduan resepnya yang nikmat.

Lihat JUGA   Warren Buffett, Salah Seorang Investor Tersukses Di Dunia

Restoran yang berbasis ayam goreng ini sudah tersebar luas ke seluruh dunia. Walaupun harganya mahal, tetapi restoran ini tetap saja diburu oleh orang-orang. Bagaimana tidak ayak goreng KFC rasa tepungnya khas, renyah, gurih, serta daging ayamnya yang lembut. Pressure cooker alat memasak ayam yang digunakan restoran KFC. Jadi bukan menggunakan penggorengan biasa ya..

Jadi sebenarnya siapa sih dalang dibalik mendunianya usaha kuliner yang satu ini? Simak fakta-faktanya.

1. Pendirinya Adalah Harland Sanders

Harland Sanders memiliki nama lengkap yakni Harland David Colonel Sanders. Beliau lahir pada tanggal 09 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Colonel Sanders merupakan anak sulung dari 3 bersaudara. Ayahnya seorang buruh tani sedangkan ibunya tidak bekerja. Jadi sejak kecil hidup mereka sangatlah sederhana.

Tapi dibalik keserhanaan yang dimiliki Sanders ternyata ia sudah memiliki hobi memasak dan itulah yang menghantarkannya menemui gerbang kesuksesan diusia yang ke-65 tahun lewat resep “sebelas bumbu rahasia ayam goreng” yang dimilikinya.

Hingga akhirnya Colonel Sanders si pendiri KFC wafat pada 16 Desember 1980 di Kentucky, Amerika Serikat akibat penyakit komplikasi pneumonia akut dan leukimia yang dideritanya.

2. Profesi Yang Pernah Ia Geluti

Harland David Colonel Sanders pernah bekerja sebagai kuli bangunan, dan gaji yang ia dapatkan tak lebih dari 16 sen. Setelah itu dikirimkan ke Kuba untuk masuk sebagai relawan Angkatan Darat (AD) pada usia 15 tahun.

Saat sudah menyelesaikan tugasnya, Harland Sanders kemudian mulai bekerja sebagai asisten pandai besi. Tak cukup sampai di situ, ia bahkan menjadi petugas pemadam kebakaran dan agen asuransi setelah keluar dari pandai besi. Itu dilakukan demi penghasilannya bisa stabil.

3. Mulai Mendirikan Restoran Sendiri

Harland Sanders yang selalu menginginkan perubahan telah memikirkan bagaimana kalau ia mendirikan restoran di kota Kentucky tempat ia tinggal. Akhirnya ia memilih untuk membeli sebuah stasiun pengisian bahan bakar bekas dan mengubahnya menjadi Harland Sanders Restaurant. Kebetulan stasiun pengisian tersebut difasilitasi dengan sebuah bengkel, motel, dan kafe. Ia memang benar-benar memikirkan sebuah strategi.

Berbekal bakat memasak yang dimilikinya, ia menawarkan hidangan buatannya kepada setiap pelanggan. Dan itu mulai terjadi pada tahun 1930. Akan tetapi steak dan ham lebih berpengaruh ketimbang ayam goreng untuk sajian makan malam orang-orang setempat.

4. Waralaba Pertama

Tahun 1939, Colonel Sanders membeli sebuah penginapan kecil di Asheville, Carolina Utara. Pada saat ini sedang terjadi perang dunia ke II sehingga berdampak pada pasokan gas yang dijatah. Karena hal demikian ia terpaksa menutup motelnya. Sebab pelanggan telah berkurang dan nyaris tak dikunjungi lagi.

Kemudian muncullah seseorang dari Salt Lake City, bernama Pete Harman pada 1952 untuk membeli bisnis waralaba pertamanya. Harman meminta Don Anderson untuk mengubah nama menjadi restoran Kentucky Fried Chicken (KFC).

5. KFC Telah Mendunia

Selanjutnya Harland Sanders merasa belum cukup juga. Ia malah pergi ke berbagai negara untuk menjual resep ayamnya hingga franchise kian ekspansif dan meledak di pasar Internasional. Sampai saat ini bisa kita lihat, KFC telah tersebar luas di 118 negara dengan jumlah toko sekitar 18.000 an.

KFC telah menjadi restoran terbesar kedua di dunia setelah McDonald. Dan yang menjadi logo KFC adalah wajah Harland David Colonel Sanders sendiri sebagai pendirinya.