Dampak Buruk Mandi Terlalu Malam dan Terlalu Sering

dampak buruk dari mandi yang terlalu malam

PrimaDaily – Sebenarnya ada dampak buruk dari mandi yang terlalu malam tetapi masih sering juga diabaikan oleh sejumlah orang. Maksud hati supaya tidur dengan nyenyak namun ancaman kesehatan bisa saja terjadi.

Maka saat harus mandi malam akan berubah menjadi bahaya bila anda mengabaikan beberapa faktor penting. Menurut dr Resthie Rachmanta Putri, hal yang perlu diperhatikan yaitu kondisi tubuh. Kondisi tubuh tersebut meliputi kondisi badan apakah sedang sehat ataupun sakit serta suhu air juga harus diperhatikan.

Oleh karenanya berikut ini dampak buruk dari mandi yang terlalu malam.

Dampak Buruk Mandi Terlalu Malam

  1. Resiko Masuk Angin

Bila anda mandi saat suhu tubuh dimalam hari mengalami peningkatan maka resiko masuk angin bisa anda rasakan. Oleh karena itu ada baiknya cukup membasuh wajah saja ketika hendak tidur.

  1. Nyeri Otot

Pori kulit yang terbuka pada malam hari tentu bisa menyebabkan bercampurnya suhu tubuh yang tinggi saat anda mandi dengan air dingin. Sehingga hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri diotot.

Baca Lainnya: Ketahui Gangguan Kesehatan Ini Bila Anak Suka Mengunyah Es Batu

  1. Memicu Demam

Temperatur tubuh mengalami peningkatan dimalam hari dan akan menyebabkan pori-pori kulit menjadi terbuka. Nah dengan demikian saat air dingin meresap masuk dan bercampur dengan suhu panas tubuh, inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Akibatnya tubuh menjadi rentan terkena demam.

  1. Memicu Penyakit Paru-paru Basah

Selalu mandi dimalam hari dengan kondidi air yang juga dingin bisa memicu timbulnya paru-paru basah. Anda akan merasakan masalah pernafasan. Bisa juga batuk.

  1. Metabolisme Tubuh Bisa Terganggu

Pada malam hari, badan perlu beristirahat. Nah dengan demikian mandi air dingin bisa menyebabkan gangguan metabolisme dalam tubuh.

  1. Memicu Penuaan Dini

Ternyata metabolisme tubuh yang terganggu akan berimbas pada metabolisme lemak juga. Proses metabolisme lemak yang tidak lancar inilah yang mampu menyebabkan kulit menjadi keriput.

  1. Menyebabkan Asam Urat

Kerap mandi dengan air dingin pada malam hari dipercaya mampu memicu penyakit asam urat. Meski mandi malam menyegarkan tubuh, air dingin inilah yang membuat terasa nyeri pada persendian. Seiring pula dengan bertambahnya usia seseorang, cairan sendi juga mengalami perubahan komposisi.