Makanan Yang Aman dan Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Diare

makanan saat diare

PrimaDaily – Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang aman dikonsumsi saat terserang diare. Meski hampir tidak pernah menimbulkan masalah yang lebih serius, tetapi umumnya gangguan kesehatan yang satu ini kerap ditemui oleh sebagian besar orang.

Biasanya saat sedang diare, seseorang menjadi mudah dehidrasi. Hal ini karena banyaknya cairan yang keluar dari dalam tubuh saat BAB. Pun demikian penyakit ini juga bisa membuat kehilangan suasana hati untuk melanjutkan aktivitasnya kembali.

Oleh sebab itu, untuk meradakan masalah diare ini bukan hanya sekedar mengganti cairan tubuh yang hilang saja. Namun anda perlu mengonsumsi makanan tertentu yang aman supaya gejala diare segera mereda, antara lain:

  • Sup Kaldu

Seseorang yang terserang diare diharuskan untuk banyak minum air, bila perlu meminum secangkir air tambahan setelah BAB. Sehingga agar tidak bosan anda bisa mengonsumsi sup kaldu sebagai selingan dari air putih.

Sup kaldu dipercaya baik menghidrasi tubuh. Selain itu dapat memberi nutrisi tambahan bagi tubuh. Karena cairan yang hilang akibat gangguan diare penting untuk menggantikannya dengan cairan yang baru lagi. Supaya tubuh tetap baik.

Baca Juga: Bukan Flu Biasa, Ini Gejala Sinusitis Selain Hidung Terasa Melar

  • Makanan Hambar

Anda perlu mengonsumsi makanan hambar yang aman bagi tubuh seperti sereal dan kentang rebus saat sedang diare. Konsumsilah dalam porsi kecil tetapi sering. Walau tidak menyulitkan kinerja usus, hal ini baik untuk memenuhi energi dalam tubuh.

  • Probiotik

Kefir dan yogurt merupakan beberapa dari makanan probiotik yang mana bisa membantu pencernaan dengan meningkatkan bakteri baik di dalam usus. Tetapi anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi keju, produk susu kemasan, susu murni. Dilansir dari Halodoc, hal ini dapat memicu iritasi terhadap sistem pencernaan tubuh.

Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Sedang Diare

Menurut Healthline, ada sejumlah makanan yang bisa memicu sistem pencernaan manusia serta memperburuk masalah diare seperti:

  1. Gorengan
  2. Makanan-makanan pedas
  3. Sarden
  4. Produk olahan susu kecuali kefir dan yogurt
  5. Sayuran mentah
  6. Daging babi/sapi
  7. Jagung
  8. Jeruk atau buah sejenisnya yang bercita rasa asam
  9. Kopi
  10. Minuman soda