Begini Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

jerawat di punggung

PrimaDaily – Jerawat bisa muncul bukan hanya di wajah namun juga pada bagian punggung. Tentu jerawat ini juga dapat membuat seseorang menjadi kurang nyaman meskipun tidak terlihat.

Adapun kemunculan jerawat di bagian punggung ini bisa oleh karena tidak menjaga kebersihan area punggung. Selain itu bisa pula karena kelenjar minyak yang terlalu aktif, bakteri penyebab jerawat berkembang, serta sel kulit mati bertumpuk. Pun demikian anda tak perlu minder bila mengalami hal tersebut.

Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini.

Mengganti Sprei Secara Berkala

Bukan hanya menjaga tubuh saja, sprei tempat tidur juga patut untuk anda perhatikan dalam mencegah dan mengatasi jerawat. Sebab bila anda berkeringat saat tidur, keringat tersebut dapat menempel ke sprei. Maka anda harus rutin mengganti srprei anda secara berkala.

Menjaga Kebersihan Kulit

Menjaga kebersihan kulit itu penting agar masalah kulit tak terjadi. Sehingga dengan demikian, dalam hal ini anda hanya perlu rutin mandi bahkan pastikan juga bahwa anda akan mandi usai melakukan aktivitas olahraga atau hal-hal yang menguras banyak keringat. Sebab kotoran yang menempel pada kulit jika tidak segera membersihkannya dapat memicu timbulnya jerawat, tak terkecuali pada bagian punggung.

Rutin Scrubbing

Usahakanlah untuk rajin scrubbing meski area punggung agak sulit terjangkau. Pasalnya hal ini bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan minyak kulit. Sehingga pori-pori yang tersumbat terminimalisir dengan baik yang mungkin menyebabkan jerawat. Anda bisa scrubbing 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Gunakan Sabun Berbahan Benzoyl Peroxide

Sabun yang mengandung benzoyl peroxide mampu mengurangi peradangan, membuka pori-pori kulit, hingga membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu bila anda memiliki masalah jerawat area punggung, cobalah untuk menggunakan sabun berbahan ini. Tetapi anda juga bisa menggantinya dengan sabun yang mengandung asam salisilat untuk mengatasi masalah jerawat punggung tersebut.

Gunakan Pakaian yang Longgar

Cobalah untuk membiasakan memakai pakaian yang tidak ketat. Karena dengan menggunakan pakaian yang longgar, keringat maupun kotoran tidak lantas terjebak sehingga kulit bisa bernafas.