Tak Perlu Jauh, Destinasi Wisata Es dan Salju di Indonesia Juga Ada Kok!

salju di indonesia

PrimaDaily – Meski negara Indonesia termasuk negara tropis dan hanya memiliki dua jenis musim, fenomena embun es dan salju abadi ternyata masih bisa kita temui. Bahkan fenomena tersebut dapat terjadi pada pertengahan tahun dan menyelimuti beberapa kawasan wisata alam. Penasaran dimana saja terdapat destinasi es tersebut? Berikut daftarnya.

Destinasi Wisata Es dan Salju di Indonesia

Beberapa destinasi tersebut antara lain sebagai berikut.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo berletak pada kaki gunung Semeru, Jawa Timur. Sekitar musim kemarau atau sekitar akhir juni, fenomena embun es terjadi pada kawasan ini. Hal ini akibat uap air yang mencair lalu membeku.

Dataran Tinggi Dieng

Pada dataran tinggi ini bukan salju yang muncul menyelimuti kawasan wisata alam namun embun es. Anda bisa menyaksikan fenomena embun es saat bulan juli hingga september. Sebab pada saat itu suhu akan turun hingga minus derajat. Kondisi dedaunan serta rerumputan juga akan terselimuti warna putih bak hujan salju.

Pegunungan Jayawijaya (Provinsi Papua)

Alam yang indah terpancar dari daerah Papua, termasuk salah satu sudutnya yang terselimuti salju. Spot bersalju bisa kita temui pada beberapa puncak pengunungan. Seperti puncak Mandala, puncak Carstensz Timur, hingga puncak Jaya. Namun untuk sampai ke spot tersebut perlu tenaga ekstra saat melakukan perjalanan. Belum lagi rumitnya birokrasi.

Trans Snow World

Trans Snow World yang kini telah memiliki 2 cabang bisa memberikan anda pengalaman untuk menikmati wisata es dan dunia salju di Indonesia. Lebih menariknya lagi biasanya menjelang akhir tahun tempat hiburan sekaligus wisata keluarga Trans Snow World menggelar promo tiket masuk, yakni beli satu gratis satu. Tak hanya sensasi wahana meluncur dari bukit es melainkan terdapat pula aneka wahana lain yang bisa anda nikmati bersama keluarga maupun teman.

Ice Skating

Suasana bermain pada arena ice skating juga bisa anda nikmati dari mall Indonesia. Seperti Sky Rink Jakarta Mall Taman Anggrek, Gardenice Paris Van Java Mall, dan Bx Rink Bintaro Xchange Mall. Tempat ini mampu menyuguhkan sensasi meluncur dengan ice skating seperti dalam film-film Hollywood.