Lakukan Cara Ini Demi Mengurangi Limbah Fashion di Rumah

limbah fashion di rumah

PrimaDaily – Limbah fashion bisa terjadi di rumah. Namun bila hal itu tidak bisa kita kurangi maka keseimbangan lingkungan pun kurang terjaga. Dengan demikian keadaan tersebut dapat membuat kita menjadi kurang nyaman.

Saat ini produk fashion memang semakin berkembang dan semakin banyak peminat khususnya bagi kaum wanita. Pasalnya produk fashion terbaru selalu dapat memberikan suasana baru yang lebih menyenangkan. Oleh karena itu banyak pula orang berbondong-bondong untuk membeli produk fashion terbaru. Hasilnya banyak tertumpuk dalam rumah. Untuk mengurangi limbah fashion di rumah maka anda perlu melakukan hal-hal berikut ini.

  • Donasi Baju

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengurangi limbah fashion yaitu mendonasikan baju layak pakai kepada orang yang membutuhkan. Atau mungkin anda bisa memberikan fashion item anda kepada saudara maupun orang terdekat. Jika masih kurang, anda juga bisa berdonasi lewat platform media sosial.

  • Hindari Produk yang Terbuat dari Serat Sintetis

Hindari penggunaan pakaian atau aksesori yang terbuat dari serat sintetis. Sebab material ini sulit untuk anda proses kembali. Alhasil cenderung menjadi limbah fashion.

  • Berbelanja Pakaian Bekas

Berbelanja pakaian bekas mungkin kedengarannya agak aneh bagi anda. Namun ketahuilah bahwa belanja baju bekas rupanya bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi limbah fashion. Pun demikian, bila anda mendukung hal ini maka itu artinya anda juga sudah mendukung sustainable fashion lho.

  • Jangan Ragu Untuk Mendaur Ulang Baju dan Aksesori

Mungkin anda bosan dengan bentuk yang begitu-begitu saja. Bila demikian langkah selanjutnya yang boleh anda lakukan yaitu jangan ragu untuk mendaur ulang baju atau aksesori. Khususnya pakaian lama yang sudah tidak muat lagi. Selain itu anda juga bisa mengubah manfaatnya. Misalnya mengubah rok yang tak terpakai menjadi sarung bantal serta mengubah kemeja menjadi bandana atau rompi.

  • Pilih Kombinasi Warna yang Netral Saat Membeli Produk Fashion

Jika anda hendak membeli baju atau aksesori pendukung pakaian maka pilih saja kombinasi warna yang netral. Tujuannya agar produk tersebut lebih tahan lama dan tidak terlampau sulit dalam memadukannya dengan baju lama.