Bingung? Bengini Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Cara mengonsumsi sarang burung walet

PrimaDaily – Cara mengonsumsi sarang burung walet sebenarnya sangat mudah, yakni dengan menjadikannya sebagai olahan makanan dan minuman. Meski saat ini telah banyak yang menjual olahan sarang burung walet, akan tetapi anda bisa membuatnya sendiri. Pasalnya sarang burung yang terbuat dari air liur burung walet ini pun memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan bagus untuk tumbuh kembang anak.

Biasanya burung walet membentuk sarangnya di langit-langit gua maupun flafon gedung demi menghindari musuh atau predator. Sarang burung walet akan terbentuk dari air liur walet itu sendiri tanpa ada campuran bahan lain dari luar tubuhnya. Ketika sarang sudah jadi maka burung walet akan menyimpan telurnya supaya bisa berkembangbiak menjadi anak burung walet. Meski demikian sarang burung walet memiliki nilai jual yang tinggi karena bisa dijadikan sebagai olahan makanan dan minuman.

  • Makanan Sarang Burung Walet

Menjadikan sarang burung walet menjadi makanan merupakan cara mengonsumsi yang tepat. Akan tetapi saat mengolahnya jangan lupa untuk selalu menerapkan kebersihan. Hindari memasak sarang burung walet pada api secara langsung dan lebih baik melalui perebusan/pengukusan saja.

Anda bisa memasak sup sarang burung walet misalnya. Selain enak dan bernutrisi, cara mengolah sup burung walet terbilang mudah. Agar teskturnya lembut dan mengembang maka sebelum memasak rendamlah sarang burung walet terlebih dahulu. Kemudian pastikan bahwa tidak ada kotoran yang menempel. Jika sudah masaklah sup sarang walet dengan tambahan rempah dan bumbu dapur lainnya. Sup ini sangat bagus dikonsumsi saat perut kosong karena membantu menyerap nutrisi dari makanan lain.

  • Minuman Sarang Burung Walet

Tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan, sarang walet juga bisa anda konsumsi sebagai minuman. Tak perlu mengkhatirkan khasiatnya. Sebab baik berbentuk makanan maupun minuman, sarang walet tetap mempunyai manfaat bagi tubuh. Hanya saja perlu memperhatikan kebersihan saat memasak sarang burung walet.

Bila anda tertarik untuk membuat minuman sarang burung walet sederhana maka hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu merendam sarang burung walet. Lalu bersihkan kotoran yang menempel pada permukaan sarang. Sesudah itu bilaslah sarang burung walet dan masukkan ke dalam botol kemasan bersih. Isi botol dengan air secukupnya lalu minuman sarang walet pun sudah boleh anda nikmati.