Manfaat Makan Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

manfaat sayur kangkung

PrimaDailySayur kangkung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu sayuran hijau ini juga sangat mudah dimasak dalam berbagai resep. Olahan sayur kangkung dengan paduan bumbu-bumbu dapur dapat menghasilkan rasa yang lezat atau nikmat.

Terdapat beberapa bentuk kangkung yang dijual di pasaran yakni berbentuk seperti mata panah dan yang berdaun licin. Akan tetapi yang menajdi ciri umumnya yakni tumbuhan ini memiliki batang berongga yang cukup lunak. Sehingga tak hanya daunnya saja melainkan batang kangkung juga acap kali ikut tercampur ke dalam masakan.

Kira-kira apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi sayur kangkung?

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seseorang perlu mengonsumsi sayur kangkung. Karena sayur kangkung mengandung vitamin C yang tinggi. Oleh karenanya pun seseorang menjadi tidak gampang terkena flu.

  • Menjaga Penglihatan Agar Tetap Sehat

Kangkung yang terolah dalam bentuk apapun, bila dikonsumsi secara tepat dan rutin dapat membantu seseorang dalam menjaga penglihatan agar tetap sehat. Hal ini berkat tingginya kandungan karatenoid, lutein, serta vitamin A. Mengonsumsi kangkung baik untuk mencegah katarak.

  • Mencegah Kerusakan Organ Hati

Manfaat selanjutnya dari sayur kangkung bisa mencegah kerusakan organ hati. Pasalnya kandungan antioksidan dan enzim memiliki fungsi detoks yang baik.

  • Kaya Akan Zat Besi

Selain nutrisi-nutrisi tersebut, kangkung juga mengandung zat besi yang efektif untuk penderita anemia. Oleh karena itu penderita anemia perlu mengonsumsi kangkung setidaknya sebagai menu makanan sehari-hari.

  • Mencegah Potensi Kanker

Tentu semua orang tidak ingin terhampiri oleh penyakit kanker. Nah untuk mendukung tubuh seseorang tetap kuat dan tehindar dari penyakit kanker, sayur kangkung bisa sebagai solusinya. Banyaknya antioksidan pada kangkung bisa mencegah potensi kanker.

  • Mengatasi Insomnia

Kandungan selenium dan zinc yang terdapat dalam kangung bisa membuat seseorang lebih cepat ngantuk dan rileks. Oleh karena itu bagi anda yang mengalami masalah kesulitan tidur bisa mencoba mengonsumsi sayur kangkung.

Baca Selanjutnya: Cara Mudah Membuat Anak Suka Makan Buah dan Sayur