Tips Selamatkan Makanan di Kulkas Saat Pemadaman Listrik

makanan di kulkas

PrimaDaily – Saat terjadi pemadaman listrik biasanya ibu rumah tangga mengkhawatirkan berbagai makanan yang ada di kulkas (lemari es). Sebab ada jenis makanan yang cepat meleleh ketika listrik padam, misalnya ice cream. Selain itu berbagai bahan makanan lain serta bumbu dapur juga perlu berada di dalam kulkas selama beberapa waktu.

Nah jika pada daerah anda sudah cukup sering terjadi pemadaman listrik bahkan hingga berkepanjangan, sebaiknya simaklah keamanan makanan dalam lemari es. Berikut tips menyelamatkan makanan dalam kulkas saat pemadaman listrik.

  • Tutup Pintu Lemari Es Selama Mungkin

Salah satu hal penting untuk anda lakukan yaitu menutup pintu lemari es (kulkas) selama pemadaman listrik secara rapat. Bila perlu jangan sesering mungkin membuka lemari es selama listrik padam.

Menurut Departemen Pertanian AS atau USDA, saat terjadi pemadaman listrik, kulkas yang dibiarkan tertutup akan tetap dingin hingga 4 jam. Kemudian freezer yang tertutup rapat juga akan mempertahankan suhunya selama 24 jam. Maka sesaat setelah pemadaman listrik, anda harus mengambil makanan yang anda perlukan untuk menghindari pembukaan pintu kulkas yang secara terus menerus.

  • Pindahkan Makanan dari Bagian Pendingin ke Freezer

Jika rumah anda mengalami pemadaman listrik maka FDA menyarankan agar memindahkan beberapa jenis makanan ke freezer. Ini demi menjaga suhu yang aman dalam jangka waktu yang lebih lama selama pemadaman listrik.

  • Simpan Ekstra Es

Masukkan kantongan es esktra untuk anda simpan ke dalam freezer demi membantu menjaga suhu agar tetap stabil. Kantongan es ekstra ini juga berguna untuk memindahkan makanan ke pendingin. Namun hindari menyentuh es secara langsung dengan tangan kosong karena suhu es sangatlah rendah. Pastikan anda menangani es secara aman.

  • Sediakan Termometer dalam Kulkas

Menurut USDA, para pemilik lemari es perlu selalu menjaga lemari es dengan suhu 4 derajat celcius ke bawah dan/atau 0 derajat. Oleh karena itu menyimpan termomoter ke lemari es (kulkas) merupakan cara yang bagus ketika listrik sedang padam. Karena aktivitas ini dapat memberi tahu anda ketika lemari es atau freezer telah menghangat ke titik tidak aman tanpa daya.