Makanan Untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

makanan mengatasi masalah pencernaan

PrimaDaily – Makanan untuk mengatasi masalah pencernaan terutama bagi seseorang yang tidak menjaga pola makannya. Masalah pencernaan bisa banyak orang alami apalagi yang sering mengkonsumsi makanan pedas maupun makanan berlemak.

Salah satu masalahnya karena ada penyakit kandung empedu atau refluks gastroesofagus. Kondisi ini kemudian mengakibatkan seseorang menderita mual, kembung, muntah, atau merasa kenyang ketika sudah makan, rasa sakit yang menyerang dad dan perut.

Berikut Makanan Untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Apel

Buah apem megandung zat yang bernama pektin yang berperan penting untuk melawan masalah pencernaan. Salah satunya adalah sindrom iritasi usus. Selain itu, apel juga merupakan salah satu makanan yang mengandung tinggi serat sehingga sangat pas untuk mengatasi pencernaan.

Mengkonsumsi buah apel secara rutin juga menghindarkan peradangan dan infeksi usus. Anda bisa langsung memakannya atau bisa menjadikannya jus apel.

Pepaya

Pepaya mengandung enzim pencernaan yang namanya papain. Enzim inilah yang berperan untuk memecah serat protein selama proses pencernaan. Papain juga bermanfaat untuk menurunkan resiko mengalami sembelit atau konstipasi, kembung, dan gejala sindrom iritasi usus yang lainnya.

Anda bisa mengkonsumsi pepaya setelah makan untuk menghindari anda dari gangguan pencernaan. Sama dengan apel, anda bisa mengkonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi jus pepaya.

Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki peran penting untuk mengurangi peradangan pada pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 memang penting untuk menghindari gangguan pencernaan dan mampu mengurangi resiko masalah pencernaan.

Biji-Bijian

Biji-bijian seperti quinoa, soba, gandum, beras merah, dan lain-lain memiliki kandungan berupa bakteri baik dan juga endosperma sehingga membuat biji-bijian lebih bergizi. Selain itu juga mengandung serat membantu menurunkann resiko terkena sembelit.

Jadi, bagi anda sekarang yang mengalammi masalah pencernaan, maka makanan ini merupakan solusi alami dan tepat. Konsumsi secara rutin dengan takaran yang pas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau agak gelap seperti kubis, brokoli, bayam, maupun sayuran berdaun yang lain adalah sumber serat larut yang bagus.

Mengkonsumsi usus akan memberikan makanan untuk bakteri baik. Bakteri baik inilah yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Dengan begitu, anda bisa menjalankan semua aktivitas anda dengan lancar.

Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang memiliki manfaat untuk menurunkan gejala iritasi usus atau sindrom iritasi usus, mengurangi kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.