Tips Mencegah Jerawat Akibat Sering Memakai Masker

mencegah jerawat akibat masker

PrimaDaily – Tips mencegah jerawat akibat sering memakai masker. Saat ini masker menjadi kewajiban untuk setiap orang sejak pandemi Covid-19. Masker terbukti ampuh meminimalisir penyebaran COVID-19 dan telah menjadi bagian dari protokol kesehatan.

Namun, terlalu lama memakai masker apalagi udara yang panas, lembab, dan pengap bisa menyebabkan wajah jadi jerawatan dan bahkan masalah kulit lainnya

Menurut penelitian yang Harvard Health Publishing publikasikan dengan judul Adult acne: understanding underlying causes and banishing breakouts, mereka yang berjerawat akan mengalami peningkatan jerawat akibat terlalu lama memakai masker.

Penyebabnya adalah mikroorganisme atau bakteri pada kulit yang terperangkap dalam masker. Sehingga, ketika memakai masker dalam kondisi panas dan lembab akan menyebabkan kulit berkeringat dan pori-pori tersumbat hingga menyebabkan jerawat.

Selain itu, masalah iritasi kulit juga menjadi salah satu hal yang perlu anda waspadai saat memakai masker dalam waktu lama. Sebab, selama memakai masker, udara yang anda hembuskan terperangkap dalam masker. Kondisi yang lembab tanpa udara luar bisa menyebabkan iritasi kulit dan jerawat.

Tips Mencegah Jerawat Akibat Sering Memakai Masker

Hindari Menggunakan Make Up

Dr Whitney Bowe, seorang Dermatologist di Manhattan, Amerika Serikat memberikan saran untuk menghindari penggunaan make up berlebihan saat memakai masker. Bowe merekomendasikan penggunaan tabir surya atau sunscreen dan pelembab wajah.

Selain itu, Shari Marchibein, dokter kulit di New York, juga menyarankan untuk membersihkan dengan micellar water saat wajah mulai berkeringat.

Sedangkan untuk pengguna masker yang memiliki jenis kulit berjerawat, sebaiknya pakai produk perawatan wajah non komedogenik. Formula pada produk perawatan ini tidak menyumbat pori-pori sehingga lebih nyaman dan aman untuk kulit.

Pilih Bahan Masker yang Tepat

Melansir dari CNN, Bowe merekomendasikan bahan masker kain yang terbuat dari 100% katun. Hal ini perlu anda lakukan agar kulit tetap bisa bernapas meski udara panas.

Selain itu, anda juga harus membawa cadangan masker. Karena masker kain hanya boleh anda pakai maksimal 4 jam selanjutnya harus anda cuci sehingga penting untuk membawa cadangan masker agar wajah tetap bersih.

Hindari Produk Perawatan Kulit

Dr. S. Tyler Hollmig, direktur bedah dermatologis di Dell Medical School di University of Texas menyarankan untuk tidak terlalu banyak memakai produk perawatan kulit.

Menurutnya, semakin sedikit produk yang dipakai maka semakin baik untuk kulit. Cukup memakai pelembab atau sunscreen Moms. Sebab, terlalu banyak produk perawatan kulit yang anda pakai malah akan menyebabkan masker akan mengintensifkan penyerapan produk ke kulit sehingga menyebabkan kulit rentan berjerawat.

Cuci Wajah Setelah Menggunakan Masker

Setelah seharian memakai masker, mencuci wajah adalah hal yang wajib anda lakukan terlebih sebelum anda tidur atau beristirahat.

Sebab, bakteri jahat, kumat, dan kotoran menempel pada seluruh wajah selama memakai masker. Dengan membersihkan wajah, kulit wajah jadi lebih sehat, bersih dan bebas jerawat.

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehari-hari juga harus anda jaga dengan baik misalnya, tidak mengkonsumsi terlalu banyak gula, fast food, gorengan, atau makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi. Sebab, makanan tinggi gula dan lemak bisa memicu timbulnya jerawat.