6 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh

PrimaDailyBuah bit memiliki ragam manfaat bagi kesehatan yang tubuh yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya buah ini kaya akan antioksidan jadi sangat baik untuk di konsumsi.

Buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.

Berikut 7 manfaat buah bit bagi Kesehatan tubuh :

1. Mengandung banyak antioksidan di dalamnya

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik di dalam tubuh Anda.

2. Detoks alami untuk tubuh (ginjal dan hati)

Untuk mendorong tubuh mengeluarkan racun, buah bit mampu membantu beberapa organ tersebut, terutama ginjal dan hati, untuk tetap bekerja secara maksimal. Hal ini ditemukan dari penelitian di Polandia.

3. Dapat mencegah hipertensi

Minum jus dari umbi bit ini menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan stamina, makanan idaman para atlet

Kandungan nitrat buah bit telah terbukti membuat sel-sel lebih baik dalam menghasilkan energi dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan performa.

5. Mencegah anemia

Kandungan zat besi buah bit yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

6. Mengurangi masalah pencernaan

Buah bit merupakan buah kaya kandungan serat yang menyediakan 3,8 gram pada satu porsi cangkir buah bit. Kandungan serat berfungsi untuk membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Serat juga bisa membantu melunakkan tinja, sehingga bisa membuat buang air besar atau BAB Anda nyaman, sehat, dan teratur.