Ketahui Tips Merawat Kuku Yang Benar

ketahui cara merawat kuku yang benar

PrimaDaily – Ketahui tips merawat kuku yang benar agar anda terlihat lebih fresh. Lewat kuku, seseorang bisa mengetahui bentuk keperibadian anda. Itu sebabnya di sekolah-sekolah selalu ada razia kuku, yaitu kuku panjang dan jorok. Karena saat kuku kita panjang dan jorok mencerminkan sikap yang malas.

Tak heran pula, kuku yang panjang dan bersih kerap merupakan idaman beberapa wanita. Saat anda mengoleskan kutek, anda bisa terlihat lebih modis apalagi ditambah dengan perpaduan outfit yang anda kenakan. Tapi ketahui lah tips atau cara merawat kuku yang benar. Tidak ada salahnya.

Tips Merawat Kuku Yang Bisa Anda Praktekkan Di Rumah

  • Jangan setiap hari memakai cat kuku

Menghindari pemakaian cat kuku secara terus-terusan supaya kuku anda tetap mendapat udara segar.

  • Hindari penggunaan cat kuku yang keras

Biasanya cat kuku banyak mengandung zat kimia yang keras seperti kapur barus, toluena, dibutil ftalat, dimetil ftalat, dan dietil ftalat. Lihat label kutek secara cermat sebelum anda membelinya.

lihat juga : Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Oksigen (Hipoksemia)

  • Rendam kuku dalam jus jeruk

Jus jeruk baik untuk kesehatan kuku supaya membantu kukumu agar lembut.

  • Potong kuku secara berkala

Karena ketika kuku panjang dan tidak terawat maka akan sumber penyakit. Kuman dan kotoran dapat menempel pada kuku yang panjang.

  • Menggosok kuku dengan belimbing wuluh

Jika anda senang dengan kuku yang panjang, gosoklah kuku dengan belimbing wuluh supaya meremajakan kukumu. Caranya potong buah belimbing wuluh lalu usapkan pada kuku lalu bilas dengan air bersih.

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium

Kalsium banyak terdapat pada keju, ikan sarden, ikan pari, kacang-kacangan, serta susu. Konsumsi setiap hari!

  • Rajin mengonsumsi sayur dan buah

Hal ini juga bagus untuk cara perawatan kuku agar tetap sehat. Karena buah-buah dan sayur-sayuran memiliki kandungan nutrisi serta vitamin yang sangat banyak.

  • Gosok dengan bawang putih

Menggosok kuku dengan bawang putih agar kuku terlihat anda terlihat lebih putih dan keras (tidak mudah patah).

  • Hindari kebiasaan buruk menggigit-gigit kuku

Menggigit kuku tidak baik untuk kesehatan, karena jika anda tidak merawat kuku dengan benar, anda akan terinfeksi oleh kuman/bakteri yang menempel pada kuku.

  • Jangan memotong kutikula kuku

Memotong kutila kuku akan berdampak pada masalah kuku. Punggung kuku akan memperlihatkan bintik putih atau garis putih. Anda juga beresiko terkena iritasi saat memotong.

  • Hindari kuku dari sabun cuci

Kalau bisa, saat mencuci piring gunakanlah sarung tangan. Karena kandungan yang terdapat pada air sabun cuci akan melemahkan kuku sehingga lembek dan mudah patah.