Tips Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk

Tips Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk

PrimaDaily – Bagi anda yang hobi memasak, mengolah daging kambing adalah sesuatu yang semestinya anda ketahui. Sebab jika dimasak dengan tidak baik maka daging akan terasa keras ketika digigit.

Daging kambing juga memiliki aroma yang khas. Oleh karena itu, supaya anda berhasil dalam mengolah daging kambing sebagai menu hidangan pada perayaan-perayaan besar, simaklah penjelasan di bawah ini.

  • Gunakan nanas supaya daging empuk

Kabarnya, nanas bisa digunakan supaya mengempukkan daging. Caranya dengan dibalurkan selama sejam atau lebih sedikit pada potongan daging kambing. Hal ini bisa menjadi alternatif dalam mengempukkan daging tanpa perlu dimasak dengan air dalam perapian.

  • Merebus daging kambing dengan rempah

Tips mengolah daging kambing adalah dengan merebus daging bersama lumuran rempah. Bisa dengan parutan jahe. Diamkan sesaat sebelum proses memasak. Hal ini dilakukan supaya mengurangi bau amis dari daging kambing atau menghilangkan aroma prengusnya. Selain itu, anda juga bisa mengganti rempah dengan bumbu aromatik seperti serai dan daun jeruk untuk melenyapkan bau amis yang tajam.

BACA JUGA: Macam-Macam Olahan yang Terbuat dari Daging Sapi

  • Buang lapisan lemak yang menempel

Selanjutnya yaitu membuang lapisan lemak yang menempel pada daging kambing mentah. Anda bisa memotongnya dengan pisau yang tajam.

  • Simpan dalam kulkas

Jika anda memiliki daging kambing untuk tidak segera dimasak, maka cara penyimpanan yang tepat adalah menyimpannya dalam lemari pendingin (freezer). Jangan lupa untuk mengemasnya terlebih dahulu sebelum disimpan. Bisa dibungkus dengan plastik lalu letakkan ke dalam sebuah wadah.

  • Gunakan jeruk nipis

Penggunaan jeruk nipis supaya menghilangkan aroma amis dari daging kambing mentah sebelum dimasak. Cukup menaburkan perasan jeruk nipis ke permukaan daging lalu diamkan kurang lebih selama 30 menit.

  • Jangan dicuci

Kabarnya, jika terlanjur mencuci daging kambing mentah maka justru akan lebih berbau amis. Selain itu berdampak juga pada tekstur daging yang lebih alot. Oleh karenanya, sejumlah penjual sate kambing biasanya tidak mencuci daging sebelum dimasak. Mereka menggunakan alternatif lain seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.

artikel lainnya: Beberapa Resep Olahan Usus Enak & Nagih di Lidah