Makanan dan Minuman yang Membuat Tidur Tidak Nyenyak

makanan yang membuat tidur tidak nyenyak

PrimaDaily – Mengonsumsi makanan di malam hari terkadang menyenangkan akan tetapi ada pula beberapa makanan yang bisa membuat tidur anda menjadi tidak nyenyak. Sehingga membuat anda menjadi gelisah sepanjang malam.

Jenis makanan yang dikonsumsi juga bisa beragam, tergantung anda sendiri. Ada pula yang mengonsumsi makanan berat lagi setelah selesai makan malam dengan nasi. Sebaliknya, camilan juga kerap disantap di malam hari sebelum tidur.
Jika demikian cobalah hindari beberapa makanan berikut agar tidur malam anda tidak terganggu.

Makanan Pedas

Makanan yang pedas bisa membuat tidur anda menjadi tidak nyenyak pada malam hari. Namun tak bisa dipungkiri, makanan pedas memang banyak disukai oleh orang Indonesia. Tapi ketahuilah mengonsumsi makanan pedas bisa membuat perut terasa mulas hingga membuat anda diare sehingga tidur anda menjadi terganggu.

Ice Cream

Ice cream bisa menggangu tidur anda bila mengonsumsinya pada malam hari karena mengandung gula tambahan yang lumayan banyak. Walau ice cream bisa meredakan stres, akan tetapi sebaiknya menghindari mengonsumi ice cream di malam hari supaya tidur anda tidak terganggu.

Kafein

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi juga dapat menganggu waktu tidur anda. Meski kopi bisa membuat seseorang menjadi lebih bersemangat terutama saat bekerja akan tetapi dampak meminum kopi di malam hari bisa membuat anda susah tidur (insomnia).

Bagi seseorang yang sensitif terhadap kafein, mengonsumsi kafein dapat menimbulkan masalah di perut seperti kemunculan diare. Maka hal ini juga akan membuat anda tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Mengandung Alkohol

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa mengonsumsi minuman beralkohol memang kurang bagus untuk kesehatan. Selain dapat membuat perut anda buncit, kandungan alkohol dapat membuat kulit berjerawat, kepala menjadi pusing hingga berhalusinasi yang tentunya berpengaruh pada jam tidur anda.

Cokelat

Salah satu makanan manis yang difavoritkan kebanyakan orang, akan tetapi mengonsumsi cokelat terlalu banyak sebelum tidur dapat membuat tidur tidak nyenyak. Menurut sebuah sumber, hal ini dikarenakan cokelat rupanya mengandung kafein juga.

Selain itu cokelat juga memiliki senyawa teobromin, anadamin, dan feniletilamin. Yang mana senyawa-senyawa ini dapat membuat nadi serta jantung berdenyut lebih cepat dari yang biasanya.